HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA SMP DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tidak akan pernah lepas dari kemampuan seorang guru. Kemampuan tersebut merupakan sebuah kompetensi yang wajib dimiliki guru. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat hubungan kompetensi pedagogik guru muatan lokal bahasa Jawa di Daerah Istimewa Yog...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Seto Setiawan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-09-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36555/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tidak akan pernah lepas dari kemampuan seorang guru. Kemampuan tersebut merupakan sebuah kompetensi yang wajib dimiliki guru. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat hubungan kompetensi pedagogik guru muatan lokal bahasa Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pemahaman wawasan atau landasan kependidikan yang dimiliki guru, pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar dengan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan purposive sampling sebagai teknik pemilihan sampelnya. Sekolah yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah SMP yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dari kelas 7 hingga kelas 9. Berdasarkan hal tersebut, diperoleh dua puluh sembilan sekolah sampel di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan empat puluh tujuh guru muatan lokal bahasa Jawa sebagai responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner tertutup berdasarkan skala likert. Uji validasi instrumen dilakukan oleh ahli terhadap instrumen penelitian sebelum digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode path analysis (analisis jalur) untuk melihat hubungan simultan dan signifikan dari variabel-variabel penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini adalah terjadi hubungan yang simultan dan signifikan. Hubungan yang sangat kuat terjadi antara pemahaman wawasan atau landasan kependidikan yang dimiliki guru, pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar dengan pelaksanaan pembelajaran dan pemahaman wawasan atau landasan kependidikan yang dimiliki guru, pemahaman terhadap peserta didik dan perencanaan pembelajaran dengan evaluasi hasil belajar. Hubungan yang kuat terjadi antara pemahaman wawasan atau landasan kependidikan yang dimiliki guru dan pemahaman terhadap peserta didik dengan perancangan pembelajaran. Sedangkan hubungan cukup kuat terjadi antara pemahaman wawasan atau landasan kependidikan yang dimiliki guru dengan pemahaman terhadap peserta didik. Rekomendasi dari penelitian adalah guru harus meningkatkan kemampuan pedagogik seperti: pemahaman wawasan atau landasan kependidikan yang dimiliki guru, pemahaman peserta didik, perancangan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar karena memiliki hubungan dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Item Description:http://repository.upi.edu/36555/1/T_PK_1608386_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36555/2/T_PK_1608386_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36555/3/T_PK_1608386_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36555/4/T_PK_1608386_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36555/5/T_PK_1608386_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36555/6/T_PK_1608386_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36555/7/T_PK_1608386_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36555/8/T_PK_1608386_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36555/9/T_PK_1608386_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36555/10/T_PK_1608386_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/36555/11/T_PK_1608386_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/36555/12/T_PK_1608386_Appendix3.pdf