EFEKTIVITAS CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) BERBANTUAN PHET UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP EFEK FOTOLISTRIK

Berdasarkan studi literatur, terdapat banyak miskonsepsi pada konsep efek fotolistrik. Hasil tersebut konsisten dengan hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa lebih dari setengah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2005/2006 di salah satu universitas negeri di Bandung memiliki banyak miskons...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yanti Sofi Makiyah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36568/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Berdasarkan studi literatur, terdapat banyak miskonsepsi pada konsep efek fotolistrik. Hasil tersebut konsisten dengan hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa lebih dari setengah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2005/2006 di salah satu universitas negeri di Bandung memiliki banyak miskonsepsi pada konsep efek fotolistrik. Oleh karena itu, penting untuk mereduksi miskonsepsi pada konsep tersebut menggunakan Conceptual Change Text (CCT) berbantuan PhET. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh CCT dalam mereduksi miskonsepsi mahasiswa, keajegan pengubahan konsepsi mahasiswa dan tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan CCT. Desain penelitian yang digunakan yaitu the randomized pretest-posttest control group design menggunakan dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen menggunakan CCT dan kelas kontrol menggunakan teks dari buku fisika modern dengan menerapkan model pembelajaran yang sama yaitu model conceptual change. Data penelitian diperoleh melalui tes diagnostik bertingkat empat atau four-tier diagnostic test dan angket. Analisis data menggunakan kriteria penurunan kuantitas mahasiswa yang miskonsepsi, effect size dari Cohen, kriteria keajegan pengubahan konsepsi mahasiswa dan kriteria persentase persetujuan mahasiswa terhadap angket. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa CCT lebih efektif dibandingkan teks dari buku fisika modern dalam mereduksi miskonsepsi pada konsep efek fotolistrik dengan pengaruh CCT berada dalam kategori besar. Keajegan pengubahan konsepsi mahasiswa yang menggunakan CCT berada dalam kategori konsisten dan mahasiswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan CCT.
Item Description:http://repository.upi.edu/36568/1/T_FIS_1602585_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36568/2/T_FIS_1602585_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36568/3/T_FIS_1602585_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36568/4/T_FIS_1602585_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36568/5/T_FIS_1602585_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36568/6/T_FIS_1602585_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36568/7/T_FIS_1602585_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36568/8/T_FIS_1602585_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36568/9/T_FIS_1602585_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36568/10/T_FIS_1602585_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/36568/11/T_FIS_1602585_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/36568/12/T_FIS_1602585_Appendix3.pdf