PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Penelitiaan ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat yang memenuhi kriteria validitas isi dan reliabilitas untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan validasi. Tes yang dikembangkan b...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2018-07-26.
|
Subjects: | |
Online Access: | http://repository.upi.edu/36575/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 03011 am a22003373u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repoupi_36575 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Rifaa Widasmara, - |e author |
245 | 0 | 0 | |a PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA |
260 | |c 2018-07-26. | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/1/S_KIM_1400174_Title.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/2/S_KIM_1400174_Abstract.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/3/S_KIM_1400174_Table_Of_Content.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/4/S_KIM_1400174_Chapter1.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/5/S_KIM_1400174_Chapter2.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/6/S_KIM_1400174_Chapter3.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/7/S_KIM_1400174_Chapter4_1.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/8/S_KIM_1400174_Chapter4_2.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/9/S_KIM_1400174_Chapter4_3.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/10/S_KIM_1400174_Bibliography.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/11/S_KIM_1400174_Appendix1.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/12/S_KIM_1400174_Appendix2.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/36575/13/S_KIM_1400174_Appendix3.pdf | ||
520 | |a Penelitiaan ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat yang memenuhi kriteria validitas isi dan reliabilitas untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan validasi. Tes yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda tiga tingkat dimana pada tingkat pertama terdapat tiga pilihan jawaban yang memungkinkan, pada tingkat kedua terdapat enam pilihan alasan yang memungkinkan dan pada tingkat ketiga terdapat dua pilihan indeks keyakinan yang dapat dipilih. Jumlah butir soal tes yang dikembangkan sebanyak 14 soal yang terdiri dari 13 label konsep. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang validator yang merupakan dosen di Departemen Pendidikan Kimia dan 35 siswa kelas XI di salah satu SMA swasta di Kota Bandung yang telah mempelajari materi kesetimbangan kimia. Berdasarkan uji validitas isi menggunakan metode CVR, semua soal memenuhi kriteria validitas isi. Berdasarkan uji reliabilitas, diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,759, artinya termasuk dalam kategori dapat diterima. Berdasarkan analisis jawaban siswa yang didasarkan pada kunci determinasi diperoleh miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi kesetimbangan kimia , dengan miskonsepsi bahwa pada keadaan kesetimbangan dinamis konsentrasi reaktan dan produk sama adalah miskonsepsi yang paling banyak terjadi (57,10%). | ||
546 | |a en | ||
690 | |a LB Theory and practice of education | ||
690 | |a QD Chemistry | ||
655 | 7 | |a Thesis |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu/36575/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.upi.edu/36575/ |