PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA DAN GOOGLE MAPS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KERUANGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS

Kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan ruang, mengakibatkan kemampuan berpikir keruangan peserta didik kurang berkembang. Rendahnya kemampuan berpikir keruangan peserta didik dapat menyebabkan mereka kurang cermat dalam mengambil keputusan dan memecahkan permas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nuryani Desi Safitri, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-07.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36629/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04960 am a22003133u 4500
001 repoupi_36629
042 |a dc 
100 1 0 |a Nuryani Desi Safitri, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA DAN GOOGLE MAPS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KERUANGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS 
260 |c 2018-08-07. 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/1/T_PD_1603080_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/2/T_PD_1603080_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/3/T_PD_1603080_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/4/T_PD_1603080_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/5/T_PD_1603080_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/6/T_PD_1603080_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/7/T_PD_1603080_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/8/T_PD_1603080_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/9/T_PD_1603080_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36629/10/T_PD_1603080_Appendix.pdf 
520 |a Kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan ruang, mengakibatkan kemampuan berpikir keruangan peserta didik kurang berkembang. Rendahnya kemampuan berpikir keruangan peserta didik dapat menyebabkan mereka kurang cermat dalam mengambil keputusan dan memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan keruangan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media peta dan google maps terhadap kemampuan berpikir keruangan peserta didik dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi menggunakan the pretest-posttest two treatment design pada kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Laboratorium Percontohan UPI. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis. Data analisis menggunakan uji normalitas dan uji t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media peta dan google maps dapat meningkatkan kemampuan berpikir keruangan peserta didik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan baik di kelas eksperimen 1 maupun di kelas eksperimen 2. Pada kelas eksperimen 1, rata-rata pretest 56,83 dan posttest 82,50. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 rata-rata pretest 61,17 dan posttest 84,50. Selain itu juga terlihat peningkatan dari jumlah benar pada indikator kemampuan berpikir keruangan yang diberikan. Indikator tersebut adalah mengidentifikasi karakteristik wilayah, membandingkan persamaan dan perbedaan suatu wilayah, menentukan lokasi, menentukan dan membandingkan jarak, serta menentukan arah. Hasil penelitian ini dapat menjadi saran bagi guru dan pihak sekolah untuk terus memfasilitasi pembelajaran dengan media yang sesuai, terutama media peta atau google maps untuk materi yang berkaitan dengan ruang, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir keruangan peserta didik.;--Lack of media utilization in the learning process associated with space resulted that the students' spatial thinking skills were less developed. The low spatial thinking skills of the students could cause them to be less careful in making decisions and solving spatial problems in daily life. This research was related to the use of media maps and google maps in IPS learning at UPI Pilot Laboratory Primary School. This research was a quasi-experiment using pretest - posttest design in experiment group 1 and experiment group 2. The subject of this study was fourth grade students of SD UPI Pilot Laboratory. The technique in collecting the data was in the form of written test. Data analysis used normality test and t test. The results of this study indicated that the use of media maps and google maps could improve students' spatial thinking skills. It showed from the average grade, it improved both in the experimental class 1 and in the experimental class 2. In the experimental class 1, the average score of pretest was 56.83 and posttest was 82.50. While in experimental class 2, the average score pretest was 61,17 and posttest was 84,50. It also showed that the true number of spatial thinking ability provided indicators increased. The indicators identified the characteristics of the region; compared the similarities and differences of a region; determined the location; determined and compared the distance; and determined the direction. The result of this study can be a suggestion for teachers and schools to facilitate learning with appropriate media continually, especially the use of media maps or google maps for materials related to space, so as to improve students' spatial thinking skills. 
546 |a en 
690 |a G Geography (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36629/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36629/