PENGARUH LEMBAR KERJA KREATIF DAN KRITIS ILMIAH (LK3I) PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF ILMIAH DAN KRITIS ILMIAH SERTA KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI

Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh lembar kerja kreatif dan kritis ilmiah (LK3I) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kritis ilmiah serta kemampuan kognitif siswa materi usaha dan energi. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Resti Wulansari, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36646/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04148 am a22003133u 4500
001 repoupi_36646
042 |a dc 
100 1 0 |a Resti Wulansari, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH LEMBAR KERJA KREATIF DAN KRITIS ILMIAH (LK3I) PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF ILMIAH DAN KRITIS ILMIAH SERTA KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI 
260 |c 2018-07-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/1/S_FIS_1404056_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/2/S_FIS_1404056_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/3/S_FIS_1404056_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/4/S_FIS_1404056_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/5/S_FIS_1404056_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/6/S_FIS_1404056_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/7/S_FIS_1404056_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/8/S_FIS_1404056_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/9/S_FIS_1404056_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36646/10/S_FIS_1404056_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh lembar kerja kreatif dan kritis ilmiah (LK3I) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kritis ilmiah serta kemampuan kognitif siswa materi usaha dan energi. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif, keterampilan berpikir kreatif dan kritis ilmiah siswa dengan diterapkan model pembelajaran berbasis proyek yang diintegrasikan dengan LK3I dan LKS konvensional. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan dan keterampilan yang diujikan. Penelitian ini didasarkan salah satunya pada 21st Century Partnership Learning Framework yang berisikan keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad ke-21, yang difokuskan pada keterampilan berpikir kreatif ilmiah dan keterampilan berpikir kritis ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental research dengan desain randomized control group pretest-postest. Hasil penelitian didapatkan bahwa, Penerapan LK3I pada pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis ilmiah serta kemampuan kognitif siswa dengan peningkatan lebih besar daripada penerapan LKS konvensional pada pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, Terdapat korelasi hubungan dengan tingkatan yang bervariasi untuk masing-masing kemampuan dan keterampilan yang diujikan pada penelitian ini.;--- This study describes the influence of scientific creativity and critical worksheet (SCCW) to the creative thinking and scientific critical as well as students' cognitive ability of Work and Energy concept. The aim of this study was to find out the improvement of cognitive ability, creative thinking skill and critically scientific students with applied model of project-based learning integrated with SCCW and conventional student worksheet (CSW). In addition, this study aims to determine the correlation between the skills and skills tested. This study is based on one of the 21st Century Partnership Learning Framework which contains the skills that must be possessed by learners in the 21st century, which is focused on scientific creative thinking skills and critical scientific thinking skills. The research method used is pre-experimental research with randomized control group pretest-postest design. Implementation of SCCW on project-based learning can improve creative thinking skills and critical scientific and cognitive abilities of students with greater improvement than the application of SCW on project-based learning. In addition, there is a correlation of the relationship with the varying levels for each of the ability and skills tested in this study. 
546 |a en 
690 |a Q Science (General) 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36646/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36646/