PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN KEARSIPAN PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK BINA WISATA LEMBANG

Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan. Fokus kajiannya pada faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dimana motivasi belajar dan fasilitas belajar merupakan faktor yang diduga memiliki pengaruh terha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Trianda Ferlinda, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36695/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan. Fokus kajiannya pada faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dimana motivasi belajar dan fasilitas belajar merupakan faktor yang diduga memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tiga Variabel yaitu Motivasi Belajar (X1), Fasilitas Belajar (X2) serta Hasil Belajar Siswa (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai motivasi belajar, fasilitas belajar dan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Bina Wisata Lembang. Penelitian ini menggunakan Metode survey, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan model Skala Likert. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 82 siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Bina Wisata Lembang Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, fasilitas belajar siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa motivasi belajar dan fasilitas belajar berperngaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Kearsipan pada Program Keahlian di SMK Bina Wisata Lembang. ;---The Problem arising in the study was the lack of student learning interest in Archival subject. The focus of research relied on the factors affecting student learning interest where learning motivation and learning facilities were the anticipated factors which have have impact on student learning interest. Focusing on that, we would study three variables namely Learning Motivation (X1), Learning Facility (X2) and Student Learning Outcomes (Y). The aim of the study was to obtain information regarding the description of learning motivation, learning facilities and student learning outcomes, and to obtain information regarding theinfluence of learning motivation and learning facilities on student learning interest in SMK Bina Wisata Lembang. Current research employed explanatory survey method, whilst data collection employed questionnaire with likert scala model. Involved respondents were 82 junior students majoring in Office Administration in SMK Bina Wisata Lembang in the academic 20172018. Analysis technique used double regression analysis. Research findings revealed that learning motivation is at the uppermost category, learning facilities is at the uppermost category, and student learning interest at the uppermost category. Result showed that learning motivation and learning facilities have positive and significant impact on student learning interest in Archival subjek in SMK Bina Wisata Lembang.
Item Description:http://repository.upi.edu/36695/1/S_PKR_1403756_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36695/2/S_PKR_1403756_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36695/3/S_PKR_1403756_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/36695/4/S_PKR_1403756_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36695/5/S_PKR_1403756_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36695/6/S_PKR_1403756_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36695/7/S_PKR_1403756_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36695/8/S_PKR_1403756_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36695/9/S_PKR_1403756_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36695/10/S_PKR_1403756_Appendix.pdf