PENERAPAN MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DAN MIKROPROSESOR UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS X TJA SMK UT PGII BANDUNG

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan modul interaktif Internet of Things pada mata pelajaran Elektronika dan Mikroprosesor khususnya dalam Kompetensi Dasar Menerapkan Proses Programing Pada Mikrokontroler terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dadan Darmawan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3675/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan modul interaktif Internet of Things pada mata pelajaran Elektronika dan Mikroprosesor khususnya dalam Kompetensi Dasar Menerapkan Proses Programing Pada Mikrokontroler terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Selain itu penelitian ini juga mempunyai tujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan modul interaktif Internet Of Things pada saat kegiatan praktikum berlangsung. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah dikarenakan pada kegiatan pembelajaran tidak menggunakan modul praktikum, tetapi hanya menggunakan metode ceramah dan demonstrasi yang dilakukan oleh guru, sehingga mengakibatkan kecenderungan siswa menjadi terlihat pasif, menunjukan sikap tidak semangat belajar, dan siswa menjadi sangat sulit dalam memahami materi yang disampaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi (Mix Methode) dan model yang digunakan adalah Sequential Explanatory Design, dimana pada tahap pertama dilakukan pengumpulan data kuantitatif dan analisis data kuantitatif yang kemudian dilanjutkan pada tahap kedua yaitu pengumpulan data kualitatif dan analisis data kualitatif. Temuan hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan hasil belajar setalah menggunakan modul interaktif Internet of Things. Selain itu hasil dari persepsi siswa setelah menggunakan modul interaktif Internet of Things adalah sangat baik. Peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata Pre-test sebesar 10,93 yaitu dibawah KKM. Sedangkan nilai rata-rata dari Post-test sebesar 76,37 dimana nilai ini berada diatas KKM, serta mendapatkan nilai N-Gain untuk Pre-test dan Post-test sebesar 0,73 yang termasuk kedalam kategori tinggi. Selain itu juga diperoleh dari hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan modul interaktif Internet of Things. Pada hasil observasi ranah afektif terjadi peningkatan pada semua indikator, tetapi peningkatan yang paling signifikan terjadi pada indikator Menghargai dan Ketekunan. Sedangkan pada hasil observasi ranah psikomotor menunjukan peningkatan yang signifikan pada semua indikator yang dilihat.
Item Description:http://repository.upi.edu/36705/1/S_TE_1506917_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36705/2/S_TE_1506917_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36705/3/S_TE_1506917_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36705/4/S_TE_1506917_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36705/5/S_TE_1506917_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36705/6/S_TE_1506917_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36705/7/S_TE_1506917_Appendix.pdf