EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KAIDAH ILMU NAHWU : Studi Eksperimen Kuasi Terhadap Santri Kelas X Pesantren Persatuan Islam 1

Ilmu nahwu merupakan salah satu ilmu yang harus dipelajari oleh santri. Pemahaman terhadap ilmu nahwu dan ilmu sharaf sangat diperlukan untuk menguasai empat aspek kemahiran bahasa Arab. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terhadap santri, teknik pembelajaran yang digunakan kurang variatif da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Insani Zakiyah Hasan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36715/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Ilmu nahwu merupakan salah satu ilmu yang harus dipelajari oleh santri. Pemahaman terhadap ilmu nahwu dan ilmu sharaf sangat diperlukan untuk menguasai empat aspek kemahiran bahasa Arab. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terhadap santri, teknik pembelajaran yang digunakan kurang variatif dan hal ini pun terlihat dari rata-rata nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) yang masih di bawah Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). Pada kenyataannya santri merasa kesulitan di dalam memahami kaidah ilmu nahwu, yang menyebabkan kemampuan menulis dan membaca santri rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami kaidah ilmu nahwu santri setelah diberi perlakuan menggunakan teknik pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray, ada atau tidak adanya efektivitas perlakuan tersebut terhadap peningkatan memahami kaidah ilmu nahwu santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi eksperimen kuasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, penggunaan teknik pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray di kelas eksperimen efektif di dalam meningkatkan kemampuan ilmu nahwu. Berdasarkan hasil perhitungan N-gain, efektivitas berada dalam kategori sedang.. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan sebagai salah satu alternatif solusi pemecahan masalah santri di dalam memahami kaidah ilmu nahwu.;--Nahwu is one of the science that must be learned by santri. The understanding of nahwu and sharaf is really needed to mastered four aspects of skilfulness arabic. Based on observations of students, learning techniques used less varied and this is can be seen from the average score of semester exam which is still below the standard. But in reality the students have some troubles in writing simple sentences in Arabics. In fact, santri had difficulty in understanding the principle of nahwu, that causes the lack of writing and reading ability. The purpose of this research is to know the students skill in nahwu after applying this learning technique and the effectivity of this learning technique in attempt to increase the students' skill. Based on the calculation on the hypothesis, the use of learning cooperative two stay two stray in the class experiment effective in improve the ability nahwu. Based on the calculation on n-gain , the effectiveness of be in medium category. This research is expected to solve this problem using cooperative learning technique Two Stay Two Stray.
Item Description:http://repository.upi.edu/36715/1/S_ARB_1206558_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36715/2/S_ARB_1206558_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36715/3/S_ARB_1206558_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36715/4/S_ARB_1206558_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36715/5/S_ARB_1206558_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36715/6/S_ARB_1206558_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36715/7/S_ARB_1206558_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36715/8/S_ARB_1206558_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36715/9/S_ARB_1206558_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36715/10/S_ARB_1206558_Appendix.pdf