PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VA SDN Pasanggrahan I Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang pada Materi Kondisi Geografis Pulau-pulau di Indonesia

Penelitian ini berdasarkan hasil observasi di kelas VA SDN Pasanggrahan I Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran akibat penerapan model pembelajaran yang tidak sesuai dalam implementasinya sehingga berdampak pada rendahnya ketuntasan hasil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Riqqah Salsabila Sahmanita, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36786/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04433 am a22002653u 4500
001 repoupi_36786
042 |a dc 
100 1 0 |a Riqqah Salsabila Sahmanita, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VA SDN Pasanggrahan I Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang pada Materi Kondisi Geografis Pulau-pulau di Indonesia 
260 |c 2019-07-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/36786/1/S_PGSD_KELAS_1503787_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36786/2/S_PGSD_KELAS_1503787_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36786/3/S_PGSD_KELAS_1503787_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36786/4/S_PGSD_KELAS_1503787_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36786/5/S_PGSD_KELAS_1503787_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36786/6/S_PGSD_KELAS_1503787_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36786/7/S_PGSD_KELAS__1503787_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini berdasarkan hasil observasi di kelas VA SDN Pasanggrahan I Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran akibat penerapan model pembelajaran yang tidak sesuai dalam implementasinya sehingga berdampak pada rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa dengan persentase 26,10%, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengambil alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain model spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi kegiatan. Penelitian ini dilakukan dengan pemberian tindakan dalam tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada siklus I sebesar 56,50% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 73,91% dan siklus III 91,30%. Untuk hasil belajar siswa terlihat mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 73,90%, siklus II 82,60% dan siklus III 91,30%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Make A Match, Literasi Sains, Hasil Belajar Siswa. ------ This research is based on result of study observation at class VA SDN Pasanggrahan I Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. There are some study process problems caused by study application mode which is not accordance with its implementation which is effect into a low completed learning outcomes of student with number of precentage 26,10 %, In order to resolve this problems the researcher takes an alternative solution using by the implementation cooperative model Make A Match type. The purpose which is going to acheave on this research to describe study planning and implementation, increase the student scientific literacy and student learning outcomes. The researche metode which is used Classroom Action Research (CAR) with Spiral Model design of Kemmis and Mc. Taggart. The research instrument which is used such as observation orientation, interview orientation, study test result, a note of field and action documentation. This research is being done by giving three action cycles of planning stage, implementation, observation and reflection. The result of this research show that student ability of scientific literacy cycle I is 56,50%, cycle II 73,91%, and cycle III 91,30%. So the student learning outcomes looks increase at the cycle I reach 73,90%, cycle II 82,60%, and cycle III 91,30%. The conclusion is apply cooperative learning type Make A Match student can increase the scientific literacy and student learning outcomes. Keywords: Make A Match, Scientific Literacy, Student Learning Outcomes. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36786/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36786/