ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH : Studi Deskriptif Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab di MA Assakinah Bandung Barat

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Asakinah Bandung Barat. Dalam pelaksanaanya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MA Assakinah Bandung Barat yang berj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aminudin, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36792/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05368 am a22002773u 4500
001 repoupi_36792
042 |a dc 
100 1 0 |a Aminudin, -  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH : Studi Deskriptif Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab di MA Assakinah Bandung Barat 
260 |c 2019-07-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/36792/9/T_BARB_1706344_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36792/2/T_BARB_1706344_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36792/3/T_BARB_1706344_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36792/4/T_BARB_1706344_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36792/6/T_BARB_1706344_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36792/7/T_BARB_1706344_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36792/1/T_BARB_1706344_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Asakinah Bandung Barat. Dalam pelaksanaanya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MA Assakinah Bandung Barat yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu berupa observasi terstruktur, wawancara mendalam, dokumentasi dan melakukan triangulasi untuk mencari keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunujukan perencanaan pembelajaran tergolong profesional. Karena guru selalu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah menjadi kewajibannya. Dalam melaksanakan pembelajaran metode yang dilakukan oleh pendidik yaitu metode langsung dan metode kelompok. Media audio visual digunakan sebagai alat yang digunakan dalam proses pembelajaran. Secara garis besar evaluasi dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Rekomendasi penelitian ini yaitu ditujukan: Bagi pemerintah, seyogyanya materi memuat hal-hal yang tidak membebani siswa dalam memahami kaidah-kaidah yang diajarkan dan memperkuat matreri dengan memperbanyak kosakata serta dalam penyusunan buku ajar seyogyanya memperbanyak gambar yang terkait dengan kosakata , sehingga siswa antusias untuk belajar. Bagi sekolah, terkait masalah pengadaan sumber belajar, sekolah bisa mengupayakan dengan kerja sama atau meminta bantuan sumber belajar kepada kantor kementerian agama atau pihak lain ataupun menyediakan fasilitas sewa buku bagi siswa. Bagi guru, hendaknya tidak putus asa dalam menambah wawasan terkait materi, metode, media dan sistem evaluasi demi menunjang kelancaran pembelajaran dan pencapaian kompetensi dengan baik. Bagi pembaca, hendaknya senantiasa terus menambah wawasan tentang pembelajaran bahasa Arab dan terus berupaya mencari sesuatu yang inovatif demi pembaharuan pembelajaran bahasa Arab yang lebih baik lagi. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Kemahiran Berbahasa ANALYSIS OF THE USE OF LANGUAGE LEARNING METHODS TO IMPROVE ARABIC LANGUAGE DEVELOPMENT IN MADRASAH ALIYAH (Descriptive Study of Analysis of Learning Methods in Arabic at MA Assakinah, West Bandung) Abstract This study aims to identify the methods used in learning Arabic at West Asakinah MA Bandung. In its implementation the researcher used a qualitative approach with descriptive analysis. The sample used is class X MA Assakinah West Bandung, amounting to 20 students. Data collection conducted by researchers is in the form of structured observation, in-depth interviews, documentation and triangulation to find the validity of the data obtained. The results of the study refer to learning planning as a professional. Because the teacher always makes learning implementation plans (RPP) that have become their obligations. In carrying out method learning carried out by educators namely direct methods and group methods. Audio visual media is used as a tool used in the learning process. Broadly speaking the evaluation is carried out in accordance with the intended learning objectives. The recommendations of this study are aimed at: For the government, the material should contain things that do not burden students in understanding the rules taught and strengthen matrices by increasing vocabulary and in preparing textbooks they should increase the number of images related to vocabulary, so students are enthusiastic to learn . For schools, related to the problem of procuring learning resources, schools can seek cooperation or ask for help from learning resources to the offices of the ministry of religion or other parties or provide book rental facilities for students. For teachers, they should not be discouraged in adding insight related to material, methods, media and evaluation systems in order to support the smooth learning and achievement of competencies properly. For readers, it should always continue to add insight into learning Arabic and keep on trying to find something innovative for the better renewal of Arabic learning. Keywords: Learning Methods, Learning Arabic, Language Proficiency 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36792/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36792/