PENGGUNAAN MEDIA VIDEOBLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA UNTUK PEMBELAJAR BAHASA JEPANG TINGKAT SMA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengingat kosakata baik saat pembelajaran, maupun setelah pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurangnya inovasi untuk mengenalkan kosakata yang akan dipelajari dan juga kurangnya minat siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Chandra Bratasasmita, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3688/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04906 am a22002893u 4500
001 repoupi_36808
042 |a dc 
100 1 0 |a Chandra Bratasasmita, -  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN MEDIA VIDEOBLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA UNTUK PEMBELAJAR BAHASA JEPANG TINGKAT SMA 
260 |c 2019-07-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/36808/1/S_JEP_1401400_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36808/2/S_JEP_1401400_chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36808/3/S_JEP_1401400_chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36808/4/S_JEP_1401400_chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36808/5/S_JEP_1401400_chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36808/6/S_JEP_1401400_chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36808/7/S_JEP_1401400_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengingat kosakata baik saat pembelajaran, maupun setelah pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurangnya inovasi untuk mengenalkan kosakata yang akan dipelajari dan juga kurangnya minat siswa terhadap bahasa Jepang. Dalam upaya memecahkan masalah tersebut, peneliti membuat media videoblog untuk membantu mengatasi kesulitan dalam mengingat dan mempelajari kosakata pada siswa. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan pada kemampuan kosakata setelah digunakannya media videoblog ini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Banjaran tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel masing-masing 25 orang siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi dan juga angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung sebesar 7,08. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel 2,01 (5%) dan 2,68 (1%). Pada taraf signifikasi 5% hasilnya nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (7,08> 2,01) maka Hk (Hipotesis Kerja) diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kosakata bahasa Jepang siswa (sampel) sebelum dan juga setelah menggunakan media videoblog. Berdasarkan hasil analisis angket yang diperoleh, sebagian besar siswa memberikan respon yang positif terhadap media videoblog ini. Media videoblog ini dianggap dapat membuat pembelajaran kosakata menjadi lebih menarik dan menyenangkan, siswa menjadi lebih aktif dan juga dapat membuat siswa mengingat lebih baik dan lebih cepat dalam waktu singkat sehingga media videoblog ini secara umum dapat dijadikan satu media alternatif dalam mempelajari kosakata bahasa Jepang. Kata Kunci : videoblog, vlog, kosakata, vocabulary Penggunaan Media Videoblog sebagai Media Pembelajaran Kosakata untuk Pembelajar Bahasa Jepang Tingkat SMA This research was motivated by senior highschool students difficulties on vocabulary both during learning and after learning. It caused by multiple factors, including the lack of innovation to introduced vocabularies that will be learned and also the lack of students interest towards Japanese. To solve the problem, researcher have created videoblog media to overcome the students difficulties in remembering and learning vocabulary. The purpose of the research was to find out the difference in vocabulary skill after using the videoblog media. This research used pure experimental method. The population in this research is XI IPA SMAN 1 Banjaran students in the years teaching of 2018/2019 with 25 students as sample for each experimental class and control class. And the instruments used in this research is test, observation sheet and also questionnaire. Based on the data analysis result, tcount obtained is 7,08. And then we compared it with the ttable 2,01 (5%) and 2,68 (1%). Because on 5% significance standard, tcount result is greater than ttable (7,08 > 2,01), the work hypothesis (Hk) is accepted. That means there are signifinant differences on Japanese vocabulary skill before and after used videoblog media. And based on the result of the questionnaire analysis, most students gave positive responds toward this videoblog media. This videoblog media is considered could make vocabulary lesson be more interesting and fun, also students be more active, make students remember the vocabularies better and faster in a short time and so this can be used as one of alternative media on learning Japanese vocabulary. Keywords : videoblog, vlog, kosakata, vocabulary 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a P Philology. Linguistics 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36808/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3688/