PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ABDUKTIF TERINTEGRASI TIPE CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat di abad 21 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan yang memadai guna untuk bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa adalah keterampilan berpikir kritis (KBK). Dari...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nuriyanti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36826/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05129 am a22002773u 4500
001 repoupi_36826
042 |a dc 
100 1 0 |a Nuriyanti, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ABDUKTIF TERINTEGRASI TIPE CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL 
260 |c 2019-07-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/36826/1/T_IPA_1706597_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36826/2/T_IPA_1706597_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36826/5/T_IPA_1706597_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36826/3/T_IPA_1706597_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36826/4/T_IPA_1706597_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36826/6/T_IPA_1706597_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36826/7/T_IPA_1706597_Appendix.pdf 
520 |a Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat di abad 21 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan yang memadai guna untuk bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa adalah keterampilan berpikir kritis (KBK). Dari beberapa kajian yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada mata pelajaran IPA tergolong rendah dan penguasaan konsep (PK) siswa juga masih tergolong rendah, untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatkan KBK dan PK. Salah satu model pembelajaran yang fokus untuk mengembangkan KBK dan PK adalah model inkuiri abduktif (MIA) terintegrasi tipe connceted. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik tipe abduksi, KBK dan PK dengan menerapkan MIA terintegrasi tipe connected. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan desain embedded experimental methods dengan subjek berjumlah 30 siswa kelas VII disalah satu SMPN Lembang. Data tipe abduktif siswa dikumpulkan melalui lembar transkrip dialog guru dan siswa selama pembelajaran. Data KBK dan PK dikumpulkan melalui prestest dan posttest. Data kualitatif berupa tipe abduktif siswa, dianalisis secara deskriptif sedangkan data kuantitatif berupa tes keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep dianalisis menggunakan teori respon butir (TRB). Hasil analisis TRB model 1 PL tes KBK dan model 2 PL tes PK menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa. Sebanyak siswa berada pada katagori tinggi 90% untuk tes KBK dan 53,3 % berada pada kategori tinggi untuk tes PK, selebihnya siswa berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa tipe abduksi siswa pada pembelajaran MIA terintegrasi tipe connected adalah abduktif teoritik, abduktif aturan dan abduktif eksistensial serta mampu meningkatkan KBK dan PK. Kata kunci : Tipe Abduktif, inkuiri abduktif, connected, keterampilan berpikir kritis, penguasaan konsep dan siswa The rapid development of science and technology in the 21st century requires students to have adequate skills to be able to compete at national and international levels. One skill that must be possessed by students is a critical thinking skill (CBC). However, it was found that the critical thinking skills of junior high school students in science subjects were relatively low and mastery of concepts (PK) of students was also still relatively low, so efforts were needed to improve the KBK and PK. One learning model that focuses on developing KBK and PK is the abductive inquiry model (MIA) integrated connected type. The purpose of this study is to identify the characteristics of the abduction types; KBK and PK by applying an integrated MIA connected type. The method used in this study is a mixed method with embedded experimental method design with 30 subjects in class VII in SMP N Lembang. Collecting the data of students' abduction type, the present study was using student teacher and student dialogue transcript sheets during learning. KBK and PK data were collected through the pre-test and post-test. Qualitative data in the form of student abduction types were analyzed descriptively while quantitative data in the form of tests of critical thinking skills and mastery of concepts were analyzed using item response theory (TRB). The results of the TRB analysis model 1 PL CBC test and model 2 PL PK test showed an enhancement in the students' abilities. As many students were in the high category 90% for the CBC test and 53.3% were in the high category for the PK test, the rest of the students were in the moderate category. It can be concluded that the type of abduction of students in integrated MIA connected type learning is the abduction of theology, rule abduction and existential abduction and it is able to increase the KBK and PK. Keywords: Type of Abduction, abductive inquiry, connected, critical thinking skills, mastery of concepts and students 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36826/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36826/