FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN SMARTPHONE: Survey pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan smartphone pada kalangan dewasa muda khususnya mahasiswa UPI Bandung. Dimana kini smartphone menjadi kebutuhan primer dan menjadi gaya hidup bagi individu khususnya pada kalangan mahasiswa. Hal ini membuat pengg...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Moh. Fauzan Hilmy, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36836/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan smartphone pada kalangan dewasa muda khususnya mahasiswa UPI Bandung. Dimana kini smartphone menjadi kebutuhan primer dan menjadi gaya hidup bagi individu khususnya pada kalangan mahasiswa. Hal ini membuat pengguna smartphone meningkat dan penjualan berbagai merek smartphone meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatory dengan teknik deskriptif dan analisis data kuantitatif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa UPI Bandung berjumlah 19.712 mahasiswa yang aktif & sample penelitian adalah angkatan 2013 sampai dengan angkatan 2016 sehingga diperoleh 392 mahasiswa sebagai sample penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis multinomial logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap permintaan smartphone adalah Fitur Produk, Citra Merek & Faktor sosial. Sedangkan yang berpengaruh secara negatif dan signifikan adalah Harga. Temuan ini menunjukan implikasi untuk para produsen smartphone agar bisa berinovasi terhadap fitur produk, menjaga citra merek, dan memperbanyak advertisement untuk smartphone yang dijual dengan harga yang sebanding.;-- This study aims to analyze the factors that affect smartphone demand among young adults, especially UPI Bandung students. Where smartphone is now a primary need and become a lifestyle for individuals, especially among students. This makes smartphone users increasing and sales of various smartphone brands are increasing. The method used in this research is explanatory survey method with descriptive technique and quantitative data analysis. The research population is UPI Bandung students amounted to 19,712 active students & research sample is the generation 2013 until the force of 2016 so that 392 students obtained as sample research. Data analysis technique used is multinomial logistic analysis technique. The results showed that factors that affect positively and significantly to the demand of smartphones are Product Features, Brand Image & Social Factors. While the effect is negatively and significantly is the Price. These findings show implications for smartphone manufacturers to be able to innovate on product features, maintain brand image, and expand advertisement for smartphones sold at comparable prices.
Item Description:http://repository.upi.edu/36836/1/S_PEK_1204250_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36836/2/S_PEK_1204250_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36836/3/S_PEK_1204250_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36836/4/S_PEK_1204250_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36836/5/S_PEK_1204250_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36836/6/S_PEK_1204250_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36836/7/S_PEK_1204250_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36836/8/S_PEK_1204250_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36836/9/S_PEK_1204250_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36836/10/S_PEK_1204250_Appendix.pdf