PROSES PENDIDIKAN INFORMAL DALAM PEMBIASAAN ORANG TUA UNTUK MENDIDIK ANAKNYA MENERAPKAN 3 KATA AJAIB : Studi Pada Kelompok Bermain Bina Mandiri Cipageran di Kelurahan Cipageran Kota Cimahi

Penelitian ini dilatarbelakangi peran penting pendidikan informal melalui orang tua merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam pembiasaan sikap dan perilaku bagi anak sejak dini dikarenakan pendidikan saat ini lebih mengedepankan aspek pengembangan kecerdasan saja sehingga aspek lain kurang men...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Juliansyah, Chika Nurfahrani (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36869/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi peran penting pendidikan informal melalui orang tua merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam pembiasaan sikap dan perilaku bagi anak sejak dini dikarenakan pendidikan saat ini lebih mengedepankan aspek pengembangan kecerdasan saja sehingga aspek lain kurang mendapat perhatian misalnya, hampir semua pendidikan pra-sekolah telah mengajarkan anak-anak membaca dan menghitung sehingga aspek-aspek dasar dalam penanaman pembiasaan seperti penerapan 3 kata dasar dalam kehidupan sehari-hari seperti minta maaf, minta tolong, dan terima kasih kurang mendapat perhatian sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) langkah-langkah proses pembiasaan dalam pendidikan informal tentang penerapan 3 kata ajaib, 2) penerapan metode pembiasaan dalam pendidikan informal tentang penerapan 3 kata ajaib, 3) hasil implementasi proses pembiasaan dalam pendidikan informal tentang penerapan 3 kata ajaib kepada anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang utama yaitu wawancara yang menggunakan instrumen kepada empat narasumber yakni dua orang tutor kober dan dua orang tua murid kober. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 1) langkah-langkah proses pembiasaan dalam pendidikan informal tentang penerapan 3 kata ajaib melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, 2) penerapan metode pembiasaan yang dilakukan harus dimulai dari percontohan orang tua, lalu anaknya meniru, orang tua mengawasi, dan menjadi internalisasi dalam diri anaknya, 3) adanya proses pendidikan informal dalam pembiasaan orang tua menerapkan 3 kata ajaib berdampak pada kognitif, afektif, dan psikomotorik yang menjadikan anak memiliki kebiasaan menerapkan 3 kata ajaib dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci:Pendidikan Informal, Metode Pembiasaan, Dan Implementasi Pembiasaan 3 Kata Ajaib Research it is based on a important role education informal through parents were the substance of things not separated in habituation the attitudes and behaviour for young kids because education are currently it puts forward the development of intelligence, so other aspect gets less attentation for example, almost all education preschool has taught childrens has read and he has numbered so that aspect of a base in habituation planting such as the implementation of 3 word of a base in daily life of the day as am sorry, to ask for help, and thank you receive very little attention from as early as possible. The purpose of this research is to described: 1) the steps of process habituation in informal education about the application of three magic a words, 2) the application of a method habituation in informal education about the application of three magic a words, 3) the result of implementation the process habituation in informal education about application of three magic a words words for child. This research using the method descriptive withapproach qualitative. The techniques data collection the main which interview use of the instruments to four that is two people a teacher kober and two of the students parents kober. The result of this research is 1) the steps of process habituation in informal education about the application of three magic a words though three stages including planning, the implementation, and evaluation, 2) the application of a method habituation starts from an examples of parents, his child imitate, and then parents of monitor, an become internalization in his child 3) the process of informal education in habituation parent application of 3 magic word have an impact on cognitive, affective and psychomotor which make child has habits applying of 3 magic words in daily life. Keywords: Steps of habituation, Methods of habituation, and Implementation of habituation of 3 magic word
Item Description:http://repository.upi.edu/36869/1/S_PLS_1400695_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36869/2/S_PLS_1400695_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/36869/3/S_PLS_1400695_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36869/4/S_PLS_1400695_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36869/5/S_PLS_1400695_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36869/6/S_PLS_1400695_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36869/7/S_PLS_1400695_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36869/8/S_PLS_1400695_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36869/9/S_PLS_1400695_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36869/10/S_PLS_1400695_Appendix.pdf