MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Lembang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan ekstrakulikuler dapat meningatkan jumlah waktu aktif belajar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII-B di SMPN 2 Lembang, Kabupaten Bandung Barat, selama empat kali pertemuan. Berdasarkan pengam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Juliaji Alif Widodo, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3715/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04208 am a22003133u 4500
001 repoupi_37015
042 |a dc 
100 1 0 |a Juliaji Alif Widodo, -  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Lembang 
260 |c 2018-04-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/1/S_JKR_1401019_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/2/S_JKR_1401019_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/3/S_JKR_1401019_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/4/S_JKR_1401019_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/5/S_JKR_1401019_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/6/S_JKR_1401019_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/7/S_JKR_1401019_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/8/S_JKR_1401019_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/9/S_JKR_1401019_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37015/10/S_JKR_1401019_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan ekstrakulikuler dapat meningatkan jumlah waktu aktif belajar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII-B di SMPN 2 Lembang, Kabupaten Bandung Barat, selama empat kali pertemuan. Berdasarkan pengamatan peneliti jumlah aktif belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani yaitu 39%, disebabkan karena kurangnya aktivitas siswa dikegiatan intrakulikuler yang dikarenakan jam pembelajaran yang terbatas di sekolah sehingga, dibutuhkan waktu yang cukup untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pendidikan jasmani. Kegiatan ekastrakulikuler merupakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan jumlah waktu aktif belajar. Metode yang digunakan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengumpulan data (observing), dan (4) refleksi yang berupa analisis evektifitas tindakan. Serangkaian tindakan ini merupakan suatu siklus. Instrumen yang digunakan yaitu Duration Recording. Hasil dari siklus 1 tindakan 1 sebesar 45%, siklus 1 tindakan 2 sebesar 47%, siklus 2 tindakan 1 sebesar 51%, siklus 2 tindakan 2 sebesar 59%. Berdasarkan analisis data selama siklus 1 dan 2, dapat disimpulkan bahwa: melalui kegiatn ekstrakulikuler di SMPN 2 Lembang dapat meningkatkan jumlah waktu aktif belajar pendidikan jasmani. Kata kunci : Jumlah Waktu Aktif Belajar, Ekstrakulikuler This study aims to determine whether extracurricular activities can remind the amount of active learning time in physical education learning. This research was conducted on the students of class VII-B in SMPN 2 Lembang, West Bandung regency, for four meetings. Based on the observation of the number of students active learning on physical education learning is 39%, due to lack of student activities in intrakulikuler activities due to limited learning hours in school so that it takes sufficient time to improve students' activity in physical education. Ekastrakulikuler activities as an alternative to increase the amount of active time learning. Methods used with Classroom Action Research (PTK) with the following steps: (1) planning action, (2) action execution, (3) data collection (observing), and (4) reflection in the form of analysis of action evolution. This series of actions is a cycle. The instrument used is Duration Recording. The result of cycle 1 action 1 is 45%, cycle 1 action 2 is 47%, cycle 2 action 1 is 51%, cycle 2 action 2 is 59%. Based on data analysis during cycles 1 and 2, it can be concluded that: through extracurricular activities in SMPN 2 Lembang can increase the amount of time active learning physical education. Keywords: Total Active Time Learning, Extracurricular 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37015/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3715/