PENERAPAN TARI WALIJAMALIHA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP NEGERI 2 BOJONG

Tujuan Penelitian ini menerapkan tari Walijamaliha melalui model pembelajaran CTL untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini terdiri dari pendekatan pembelajaran CTL dan implementasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Action Research dengan pendekatan kualitatif yan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wilda Ulya, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-02.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/375/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan Penelitian ini menerapkan tari Walijamaliha melalui model pembelajaran CTL untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini terdiri dari pendekatan pembelajaran CTL dan implementasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Action Research dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan melalui III siklus dari III pertemuan. Siklus I dengan materi apresiasi tari Walijamaliha, siklus II tentang Eksplorasi merangkai gerak tari Walijamaliha, dan siklus III mengenai demonstrasi hasil eksplorasi dari tari Walijamaliha dengan iringan irama. Pada setiap siklus menggunakan teori munandar tentang 4P dalam kreativitas, diantaranya yaitu Press (Dorongan), Pribadi kreatif, Proses Kreatif, dan Prodak kreatif. Berdasarkan proses yang telah dilakukan, terjadi peningkatan yang signifikan pada siswa dari setiap siklusnya. Hal kesehariannya yang dibuktikan dengan meningkatkannya daya imajinasi dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Kata kunci : Tari Walijamaliha, CTL, Kreativitas Siswa Purpose This research apply Walijamaliha dance through CTL learning model to improve student creativity. This study consists of CTL learning approach and learning implementation. This research uses Action Research research method with qualitative approach which is done through III cycle from III meeting. Cycle I with Walijamaliha dance appreciation material, cycle II on Exploration of Walijamaliha dance movement, and III cycle about demonstration of exploration result from Walijamaliha dance with rhythm accompaniment. In each cycle using munandar theory about 4P in creativity, including Press (Encouragement), Creative person, Creative Process, and creative Prodak. Based on the process that has been done, there is a significant increase in students from each cycle. Everyday things are proven by increasing the power of imagination and students' understanding of learning materials. Keywords: Walijamaliha Dance, CTL, Student Creativity
Item Description:http://repository.upi.edu/37050/1/T_PSN_1503400_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37050/2/T_PSN_1503400_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/37050/10/T_PSN_1503400_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37050/3/T_PSN_1503400_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37050/4/T_PSN_1503400_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37050/5/T_PSN_1503400_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37050/6/T_PSN_1503400_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37050/7/T_PSN_1503400_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37050/8/T_PSN_1503400_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37050/9/T_PSN_1503400_Appendix.pdf