PENGARUH EFIKASI DIRI, KECEMASAN, DAN PERSEPSI SISWA PADA LINGKUNGAN PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah non-rutin yang menuntut aktivitas berpikir pada tingkatan yang lebih tinggi dari biasanya. Kemampuan matematis ini sangat berkaitan erat dengan aspek kognitif siswa, namun aspek afektif tentu saja tidak bisa di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Melisa, Wirmas (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-08.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/378/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah non-rutin yang menuntut aktivitas berpikir pada tingkatan yang lebih tinggi dari biasanya. Kemampuan matematis ini sangat berkaitan erat dengan aspek kognitif siswa, namun aspek afektif tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Aspek afektif yang menjadi fokus penelitian ini adalah efikasi diri, kecemasan matematis, dan persepsi siswa pada lingkungan pembelajaran dan untuk dapat mengetahui kontribusi pengaruh ketiga aspek afektif ini terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilakukanlah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Penelitian ini merupakan salah satu bagian dari penelitian ex-post facto dengan tujuan untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antar dua atau lebih variabel bebas terhadap variabel terikat tanpa adanya upaya untuk mempengaruhi variabel yang diteliti. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII di salah satu SMPN di Kota Bandung tahun ajaran 2017/2018 pada materi garis dan sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri, kecemasan matematis, dan persepsi siswa pada lingkungan pembelajaran secara bersama-sama mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengaruh total dari masing-masing variabel berturut-turut adalah 20,8%; 25,3% dan 4,2%. Kontribusi pengaruh dari efikasi diri dan kecemasan matematis bersifat lebih dominan dan signifikan dibandingkan dengan pengaruh dari persepsi siswa pada lingkungan pembelajaran yang tergolong rendah dan tidak signifikan;--- Problem-solving ability is the ability of students to solve non-routine problems that require higher-order thinking activity than usual. These mathematical ability is closely related to the cognitive aspects of the students, however the affective aspect of course can not be ignored just about its effects on students problem solving abilities. The affective aspects that become the focus of this research are self efficacy, mathematical anxiety, and students 'perception on learning environment which the objective of the research is to be able to know the contribution of the influence of these three affective aspects to students' mathematical problem solving abilities. The research is done by using quantitative approach which is descriptive correlational and it is one part of ex-post facto research with the aim to know the relationship and the level of relationship between two or more independent variables to the dependent variable without any effort to influence the variables studied. The subject of the research is the students of Class VII in one of the SMPN in Bandung academic year 2017/2018. The results showed that self efficacy, mathematical anxiety, and students' perceptions in the learning environment altogether influence the problem solving ability of students. The total effect of each variable is 20.8%; 25.3% and 4.2% respectively. The contribution of the influence of self efficacy and mathematical anxiety is more dominant and significant than the effect of the students' perception on the learning environment which is low and insignificant.
Item Description:http://repository.upi.edu/37080/1/T_MTK_1602891_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37080/2/T_MTK_1602891_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37080/3/T_MTK_1602891_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37080/4/T_MTK_1602891_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37080/5/T_MTK_1602891_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37080/6/T_MTK_1602891_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37080/7/T_MTK_1602891_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37080/8/T_MTK_1602891_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37080/9/T_MTK_1602891_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37080/10/T_MTK_1602891_Appendix.pdf