PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DAN PEDESAAN : Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas Atas SDN 113 Banjarsari Bandung dan SDN 2 Langensari Lembang

Penelitian ini membahas tentang pengaruh aktivitas fisik terhadap penurunan kecemasan, bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas fisik terhadap kecemasan pada siswa sekolah dasar di perkotaan dan pedesaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Amy Nur Amalia, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3714/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini membahas tentang pengaruh aktivitas fisik terhadap penurunan kecemasan, bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas fisik terhadap kecemasan pada siswa sekolah dasar di perkotaan dan pedesaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convinience sample. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes kecemasan dengan menggunakan angket. Hasil analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test, menunjukkan nilai signifikansi di perkotaan (SDN Banjarsari Bandung Bandung) 0,000 < 0.025 maka Ho ditolak, kemudian di pedesaan (SDN 2 Langensari Lembang) 0,000 < 0.025 maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas fisik berpengaruh terhadap kecemasan pada siswa disekolah dasar di perkotaan dan di pedesaan.;---This study discussed the effect of physical activity on anxiety, aiming to determine the effect of physical activity on anxiety in elementary school students in urban and rural areas. The research method occupied is experimental method. The sampling technique in this research is convinience sample. The sample in this study was 40 students. The instrument used is anxiety test using a questionnaire. The result of data analysis using paired sample t-test, shows the value of significance in urban (SDN113 Banjarsari Bandung) 0.000 < 0.025 then Ho is rejected, then in rural (SDN 2 Langensari Lembang) 0.000 < 0.025 then Ho is rejected. Thus it can be concluded that physical activity effects anxiety in elementary school students in urban and rural areas.
Item Description:http://repository.upi.edu/37104/1/S_SDPJ_1404338_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37104/2/S_SDPJ_1404338_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37104/3/S_SDPJ_1404338_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/37104/4/S_SDPJ_1404338_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37104/5/S_SDPJ_1404338_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37104/6/S_SDPJ_1404338_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37104/7/S_SDPJ_1404338_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37104/8/S_SDPJ_1404338_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37104/9/S_SDPJ_1404338_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37104/10/S_SDPJ_1404338_Appendix.pdf