PENGARUH MODEL PENDIDIKAN GERAK DAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR DAN KERJASAMA PADA SISWA KELAS III : Penelitian Tindakan kelas pada siswa kelas III SD Negeri 201 Sukaluyu

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pendidikan gerak dan cooperative learning dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar dan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Design penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wandi Sopiyan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-11.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3715/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pendidikan gerak dan cooperative learning dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar dan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Design penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa-siswi kelas III SDN 201 Sukaluyu Kota Bandung yang berjumlah 150 siswa, sample dalam penelitian ini 74 siswa, laki-laki 40 orang dan perempuan 34 orang dengan teknik pengambilan Purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah TGMD-2 dan kuesionr atau angket. Untuk hasil penelitian keterampilan gerak dasar menunjukan di ketahui bahwa nilai t-hitung 2,039 dengan probabilitas (Sig) 0,045 < 0,05 maka Ho di terima. Untuk hasil penelitian kerjasama menunjukan di ketahui bahwa nilai t-hitung Asymp.Sig 0,006 < 0,05 maka Ho diterima. Kesimpulannya bahwa model pendidikan gerak dan cooperative learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan gerak dasar dan berpengaruh terhadap kerjasama pun signifikan.;---This study aims to determine whether the movement education and cooperative on improving fundamental movement skill and cooperation. This research is an experimental research. This research design uses Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study are students of class III SDN 201 Sukaluyu Bandung City, amounting to 150 students, the sample in this study 74 male students 40 people and 34 women with Purposive sampling technique. Instruments used in the study were TGMD-2 and questionnaire or questionnaire. For research result of basic motion skill show in know that t-hitung value 2,039 with probability (Sig) 0,045 <0,05 hence Ho accepted. For the result of the research, the cooperation shows that t-hitung Asymp.Sig 0,006 <0,05 then Ho is accepted. The conclusion that motion education and cooperative learning model has significant effect on fundamental movement skills and have an effect on the cooperation is significant.
Item Description:http://repository.upi.edu/37105/1/S_SDPJ_1400521_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37105/2/S_SDPJ_1400521_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37105/3/S_SDPJ_1400521_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/37105/4/S_SDPJ_1400521_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37105/5/S_SDPJ_1400521_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37105/6/S_SDPJ_1400521_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37105/7/S_SDPJ_1400521_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37105/8/S_SDPJ_1400521_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37105/9/S_SDPJ_1400521_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37105/10/S_SDPJ_1400521_Appendix.pdf