KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PENGELOLA KELOMPOK BERMAIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA TUTOR : Studi Kasus di Kelompok Bermain As-Salam Kp. Nagrogjaya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang

Penelitian ini bertolak pada kontribusi kepemimpinan pengelola Kelompok Bermain dalam meningkatkan kinerja tutor dengan dilandasi teori fungsi kepemimpinan. Penelitian dilakukan di Kelompok Bermain As-Salam Kp. Nagrogjaya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahmawan Caesar Prawisuda, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-03.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37123/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertolak pada kontribusi kepemimpinan pengelola Kelompok Bermain dalam meningkatkan kinerja tutor dengan dilandasi teori fungsi kepemimpinan. Penelitian dilakukan di Kelompok Bermain As-Salam Kp. Nagrogjaya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan fungsi kepemimpinan yang diaktualisasikan oleh pengelola Kelompok Bermain As-Salam dalam meningkatkan kinerja tutor; (2) mendeskripsikan capaian kinerja tutor yang dipersepsi oleh pengelola Kelompok Bermain As-Salam; (3) mendeskripsikan faktor penghambat pengelola Kelompok Bermain As-Salam dalam meningkatkan kinerja tutor. Kepemimpinan pengelola Kelompok Bermain merupakan kemampuan pengelola sebagai pemimpin dalam mengaktualisasikan fungsi-fungsinya untuk mengelola berbagai sumber daya satuan Kelompok Bermain. Sejalan dengan hal itu, peneliti menemukan fenomena yakni pengelola Kelompok Bermain As-Salam mampu menciptakan layanan dengan baik di dukung oleh kinerja para tutor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah informan sebanyak 8 orang. Berdasarkan temuan dan pembahasan, penelitian ini memperoleh hasil (1) pengelola Kelompok Bermain As-Salam mampu mengaktualisasikan fungsi educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator sebagai wujud kontribusi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja tutor; (2) capaian kinerja tutor dipersespsi baik oleh pengelola Kelompok Bermain As-Salam, di ukur melalui kualitas kerja, ketepatan waktu bekerja, inisiatif kerja, kemampuan bekerja, dan komunikasi dalam bekerja; (3) faktor penghambat pengelola Kelompok Bermain As-Salam dalam meningkatkan kinerja tutor adalah sarana pembelajaran dan penyelenggaran administrasi yang masih kurang.;--This study is based on the contribution of playgroup manager leadership in improving the performance of tutors based on leadership theory. The study was conducted in As-Salam playgroup, Nagrogjaya village, Pagaden sub-district, Subang regency. The purpose of this study was (1) to describe leadership function actualized by the manager of As-Salam playgroup in improving the performance of tutors; (2) to describe the attainment of tutors' performance perceived by the manager of As-Salam playgroup; (3) to describe factor inhibiting the manager of As-Salam playgroup in improving the performance of tutors. The leadership of play group's manager is the ability of manager as a leader in actualizing the functions to manage various play group unit resources. In line with that, the researcher found the phenomenon that the manager of As-Salam playgroup was able to create a good service supported by the performance of tutors. The research method used was descriptive method with qualitative approach. The number of participants was 8 people. Based on the findings and discussion, this study obtained the results that (1) the manager of As-Salam playgroup was able to actualize the function of educator or facilitator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, and motivator as a form of leadership contribution in improving the performance of tutors; (2) the attainment of tutors' performance was perceived by the manager of As-Salam playgroup measured by quality of work, punctuality of work, work initiative, work ability, and communication in working; (3) the factor inhibiting the manager of As-Salam playgroup in improving the performance of tutors was the lack of learning and administrative facilities.
Item Description:http://repository.upi.edu/37123/1/S_PMA_1400496_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37123/2/S_PMA_1400496_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37123/3/S_PMA_1400496_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37123/4/S_PMA_1400496_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37123/5/S_PMA_1400496_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37123/6/S_PMA_1400496_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37123/7/S_PMA_1400496_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37123/8/S_PMA_1400496_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37123/9/S_PMA_1400496_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37123/10/S_PMA_1400496_Appendix.pdf