PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA PETA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V B SDN Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang pada Materi Membaca Peta)

Pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi membaca peta, guru menggunakan pendekatan yang bersifat teacher-centered dan menggunakan metode ceramah saja. Hal tersebut menjadi penyebab hasil belajar siswa pada materi membaca peta banyak yang belum mencapai KKM yaitu 70, penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mandala, Riswanto (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37166/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02662 am a22002533u 4500
001 repoupi_37166
042 |a dc 
100 1 0 |a Mandala, Riswanto  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA PETA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V B SDN Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang pada Materi Membaca Peta) 
260 |c 2019-07-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/37166/1/S_PGSD_1503496_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37166/2/S_PGSD_1503496_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37166/3/S_PGSD_1503496_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37166/4/S_PGSD_1503496_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37166/5/S_PGSD_1503496_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37166/6/S_PGSD_1503496_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37166/7/S_PGSD_1503496_Appendix.pdf 
520 |a Pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi membaca peta, guru menggunakan pendekatan yang bersifat teacher-centered dan menggunakan metode ceramah saja. Hal tersebut menjadi penyebab hasil belajar siswa pada materi membaca peta banyak yang belum mencapai KKM yaitu 70, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS dalam materi membaca peta. penelitian ini dilakukan di kelas V B SDN Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi yang mencakup observasi kinerja guru dalam perencanaan dan pelaksanaan dan observasi aktivitas siswa, serta tes hasil belajar. Untuk validasi data yang digunakan adalah member check, triangulasi, dan expert opinion. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca peta di kelas V B SDN Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Hal ini ditunjukan dengan hasil perolehan siklus I adalah 67% siswa tuntas. Siklus II diperoleh 83% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus III diperoleh 100% siswa yang tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Membaca Peta 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37166/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/37166/