PENERAPAN METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) BERBANTUAN TEKS BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN PANYINGKIRAN 1 KABUPATEN SUMEDANG

Penelitian ini menggunakan metode PTK dan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa yang masih rendah ketika pembelajaran bahasa Indonesia, khususn...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Novitasari, Nina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37176/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03120 am a22002533u 4500
001 repoupi_37176
042 |a dc 
100 1 0 |a Novitasari, Nina  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) BERBANTUAN TEKS BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN PANYINGKIRAN 1 KABUPATEN SUMEDANG 
260 |c 2019-07-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/37176/1/S_PGSD_Kelas_1506180_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37176/2/S_PGSD_Kelas_1506180_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37176/3/S_PGSD_Kelas_1506180_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37176/4/S_PGSD_Kelas_1506180_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37176/5/S_PGSD_Kelas_1506180_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37176/6/S_PGSD_Kelas_1506180_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37176/7/S_PGSD_Kelas_1506180_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini menggunakan metode PTK dan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa yang masih rendah ketika pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan membaca pemahaman. Ketika dilakukan observasi di kelas IV SDN Panyingkiran 1 Kabupaten Sumedang, dilihat dari hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM, yaitu 72. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, maka peneliti menerapkan metode REAP berbantuan teks berwarna. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh dengan menerapkan metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) berbantuan teks berwarna mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus berhenti ketika semua aspek penilaian seperti kinerja guru, aktivitas siswa dan hasil belajar sudah mencapai target. Penelitian ini berhenti pada siklus III, karena semua aspek sudah mencapai target yang ditetapkan. Ketiga aspek tersebut mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, di antaranya yaitu aspek hasil belajar siswa. Pada siklus I, siswa yang tuntas atau mencapai KKM sebanyak 12 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 52%, yang belum tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase ketidaktuntasan sebesar 48%. Siklus II, meningkat menjadi 17 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 74%, sedangkan 6 siswa dengan persentase ketidaktuntasan sebesar 26%. Pada siklus III, meningkat kembali menjadi 87% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa, sedangkan 13% dengan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa belum mencapai KKM. Dengan demikian, terbukti bahwa penerapan Metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) berbantuan teks berwarna dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks nonfiksi. Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Metode REAP, Teks Berwarna, Keterampilan Membaca 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37176/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/37176/