DESKRIPSI KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN (Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan konseptual dan prosedural siswa dalam memecahkan masalah pada materi operasi hitung perkalian serta mengetahui faktor- faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada materi operasi hitung perkalian di Kelas III SD N...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arisandi, Shilfi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37255/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan konseptual dan prosedural siswa dalam memecahkan masalah pada materi operasi hitung perkalian serta mengetahui faktor- faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada materi operasi hitung perkalian di Kelas III SD Negeri Sukamaju, SD Negeri Panyingkiran I, dan SD Negeri Panyingkiran II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian meliputi seluruh siswa kelas III yang ada di SD Negeri Sukamaju, SD Negeri Panyingkiran I, dan SD Negeri Panyingkiran II yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes diagnostik, pedoman wawancara, dan pedoman observasi kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konseptual siswa pada materi operasi hitung perkalian masih terbilang rendah. Siswa banyak melakukan kesalahan-kesalahan saat menyelesikan soal tes. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa berdasarkan konsep materi operasi hitung perkalian adalah pada konsep memahami sifat perkalian asosiatif. Untuk kemampuan prosedural siswa dalam memecahkan masalah pada materi operasi hitung perkalian secara keseluruhan terbilang rendah. Jika dilihat berdasarkan tahapan pemecahan masalah, kemampuan yang paling banyak dikuasai oleh siswa adalah pada kemampuan memahami masalah dan pada kemampuan melihat kembali solusi (jawaban) dan memperluas masalah, hanya sedikit siswa saja yang mampu untuk menyelesaikannya dengan benar. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada materi operasi hitung perkalian, meliputi faktor yang menyebabkan kesalahan dalam mengerjakan soal tes diagnostik, faktor internal, dan faktor eksternal. Kata Kunci: kesulitan belajar, pemecahan masalah, matematika
Item Description:http://repository.upi.edu/37255/1/S_H0651_1505745_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37255/2/S_H0651_1505745_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/37255/3/S_H0651_1505745_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/37255/4/S_H0651_1505745_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/37255/5/S_H0651_1505745_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/37255/6/S_H0651_1505745_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/37255/7/S_H0651_1505745_Appendix.pdf