PENERAPAN METODE PERMAINAN CLUE AND LABEL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYADIRIAN DAN PEMAHAMAN SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Mandalaherang I Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang Pada Materi Kegiatan Ekonomi dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan)

Kondisi pembelajaran di kelas IV SDN Mandalaherang I dilaksanakan secara berkelompok terlihat dari posisi duduk setiap harinya yang sudah dikelompokan. Namun dalam pembelajarannya siswa terlihat kurang aktif. Pada materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan khususnya men...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rohyanti, Riyanti Siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37263/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04555 am a22002533u 4500
001 repoupi_37263
042 |a dc 
100 1 0 |a Rohyanti, Riyanti Siti  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE PERMAINAN CLUE AND LABEL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYADIRIAN DAN PEMAHAMAN SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Mandalaherang I Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang Pada Materi Kegiatan Ekonomi dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan) 
260 |c 2019-07-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/37263/1/S_PGSD_KELAS_1501093_Cover.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37263/2/S_PGSD_KELAS_1501093_BAB%20I.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37263/3/S_PGSD_KELAS_1501093_BAB%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37263/4/S_PGSD_KELAS_1501093_BAB%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37263/5/S_PGSD_KELAS_1501093_BAB%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37263/6/S_PGSD_KELAS_1501093_BAB%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37263/7/S_PGSD_KELAS_1501093_Lampiran.pdf 
520 |a Kondisi pembelajaran di kelas IV SDN Mandalaherang I dilaksanakan secara berkelompok terlihat dari posisi duduk setiap harinya yang sudah dikelompokan. Namun dalam pembelajarannya siswa terlihat kurang aktif. Pada materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan khususnya mengenai jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa, peserta didik masih belum memahami perbedaan anatara pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa. Selain itu siswa terlihat kurang percaya diri dalam kegiatan pembelajaran, terlihat pada saat penyampaian hasil diskusi, siswa terlihat kurang yakin terhadap hasil yang telah dikerjakannya seperti membaca dengan suara yang pelan. Pada saat guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomentar terhadap hasil diskusi temannya kebanyakan siswa hanya terdiam terutama perempuan. Sehingga perlu perbaikan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan rasa percaya diri siswa dengan menerapkan metode permainan clue and label. Melalui metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga kali pertemuan pada pembelajaran di kelas IV pada tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 dilakukan penialaian terhadap kepercayadirian, dan pemahaman siswa. Pada siklus I untuk kepercayadirian siswa yang mencapai interpretasi baik sekali sebesar 39,1%, pada siklus II mencapai 78,3%, dan pada siklus III mencapai 87%. Untuk pemahaman terkait materi tentang pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa setiap siklusnya mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 60,9%, siklus II mencapai 73,9%, dan pada siklus III mencapai 82,6%. Kata The learning conditions in class IV of SDN Mandalaherang I were carried out in groups seen from a sitting position every day that had been grouped. But in learning students look less active. In the material of economic activity and its relationship with various fields of work, especially regarding the types of jobs that produce goods and services, students still do not understand the difference between the work that produces goods and services. In addition, students seem to lack confidence in learning activities, seen when delivering the results of the discussion, students seem less confident about the results they have done such as reading in a slow voice. When the teacher gives the opportunity for students to comment on the results of their friends' discussions, most students are only silent, especially women. So it needs improvement in learning activities to improve students' understanding and self-confidence by applying clue and label playing methods. Through the classroom action research method which was conducted for three meetings on learning in class IV on theme 4, sub-theme 2 of learning 1, the assessment of belief, and understanding of students was carried out. In the first cycle for trustworthiness students who achieve interpretation are very good at 39.1%, in the second cycle reached 78.3%, and in the third cycle reached 87%. For understanding related to material about work that produces goods and services each cycle has increased in the first cycle reached 60.9%, the second cycle reached 73.9%, and in the third cycle reached 82.6%. Keywords: Game Clue and Label Method, Confidence, Understanding : Metode Permainan Clue and Label, Kepercayadirian, Pemahama 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37263/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/37263/