PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING-CYCLE TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V PADA MATERI DAUR AI (Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas V SDN 141 Lokajaya, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung)

Kemampuan literasi sains sangat penting untuk dimiliki setiap siswa, dan lebih baik apabila diterapkan sejak sekolah dasar. Melalui pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan literasi sains, karena dalam kegiatan pembelajaran guru memfasil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Suryawanto, Arif Mishbah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37318/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kemampuan literasi sains sangat penting untuk dimiliki setiap siswa, dan lebih baik apabila diterapkan sejak sekolah dasar. Melalui pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan literasi sains, karena dalam kegiatan pembelajaran guru memfasilitasi siswa agar dapat menemukan konsep secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi daur air, untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi daur air, serta perbedaan pengaruh model Learning Cycle 7E dan konvensional terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi daur air. Metode penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SD se-Kecamatan Arcamanik dengan sampel penelitian SDN 141 Lokajaya kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi sains, lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, angket, dan wawancara. Adapun simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dari model Learning Cycle 7E yaitu berupa peningkatan kemampuan literasi sains, pembelajaran konvensional tidak dapat meningkatkan kemampuan literasi sains, serta terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan literasi sains siswa antara pembelajaran yang menggunakan model Learning Cycle 7E dan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran Learning Cycle 7E, Kemampuan Literasi Sains Siswa
Item Description:http://repository.upi.edu/37318/1/S_PGSD_1504243_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37318/2/S_PGSD_1504243_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37318/3/S_PGSD_1504243_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37318/4/S_PGSD_1504243_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37318/5/S_PGSD_1504243_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37318/6/S_PGSD_1504243_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37318/7/S_PGSD_1504243_Appendix.pdf