PENGARUH METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY): Survey pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri Kota Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh metakognitif terhadap hasil belajar ekonomi melalui efikasi diri. Pengukuran metakognitif menggunakan metacognitive assessment inventory (MAI) yang mengukur pengaturan kognisi dan pengetahuan kognisi. Pengukuran hasil belajar menggunakan nilai Ujian A...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lasmita Sihaloho, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37353/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04031 am a22003253u 4500
001 repoupi_37353
042 |a dc 
100 1 0 |a Lasmita Sihaloho, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY): Survey pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri Kota Bandung 
260 |c 2018-05-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/1/T_PEKO_1603254_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/2/T_PEKO_1603254_Tabel_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/3/T_PEKO_1603254_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/4/T_PEKO_1603254_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/5/T_PEKO_1603254_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/6/T_PEKO_1603254_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/7/T_PEKO_1603254_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/8/T_PEKO_1603254_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/9/T_PEKO_1603254_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37353/10/T_PEKO_1603254_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh metakognitif terhadap hasil belajar ekonomi melalui efikasi diri. Pengukuran metakognitif menggunakan metacognitive assessment inventory (MAI) yang mengukur pengaturan kognisi dan pengetahuan kognisi. Pengukuran hasil belajar menggunakan nilai Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Ekonomi. Pengukuran efikasi diri mencakup magnitude atau level, strength, dan generality. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA di Bandung. Sampel sebanyak 362 siswa diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Desain penelitian adalah penelitian konklusif menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian adalah survey. Data dianalisis dengan analisis jalur (path anlysis) dengan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas XI IPS SMA di Bandung memiliki: tingkat metakognitif tinggi, tingkat efikasi diri tinggi, dan hasil pembelajaran ekonomi dalam kategori sedang; Metakognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri; Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; Metakognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui efikasi diri). ..... This study is aimed at investigated the influence of metacognitive on learning outcome economic through self-efficacy. The Metacognitive Assessment Inventory (MAI) includes cognition and knowledge of cognition. Measurement of learning outcomes includes the value of the final examination of semester in Economics education. Measurement of self-efficacy includes magnitude atau level, strength, and generality. The population in this study is all the students of class XI IPS senior high school in Bandung. The sample of 362 students was taken by using proportional random sampling technique. This research is conclusive research design using descriptive approach with method research is survey. Data were analyzed with path analysis on software SPSS version 22. The results indicated that most of the students of class XI IPS senior high school in Bandung have: high metacognitive level, high level of self efficacy, and learning outcome of economic in medium category; Metacognitive has positive and significant effect on self efficacy; Self efficacy has positive and significant effect with learning outcome; Metacognitive has positive and significant effect with learning outcome direct and indirectly (through self efficacy). 
546 |a en 
690 |a HB Economic Theory 
690 |a HC Economic History and Conditions 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37353/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/37353/