PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan peneliti di kelas IV pada salah satu SD di kecamatan Sukajadi Bandung. Ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu peserta didik yang kurang termotivasi saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat dibuktikan dari lima indikator...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Firdha, Rizki Sabrina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-09.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37371/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan peneliti di kelas IV pada salah satu SD di kecamatan Sukajadi Bandung. Ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu peserta didik yang kurang termotivasi saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat dibuktikan dari lima indikator motivasi yang memperkuat bahwa masalah yang terdapat di kelas IV ini adalah mengenai motivasi belajar siswa. Adapun kelima indikator tersebut diantaranya adalah: 1) durasi kegiatan, 2) persistensi oada tujuan kegiatan, 3) ketabahan dan keuletannya dalam menghadapi kesulitan, 4) devosi dan pengorbanan, 5) arah sikap terhadap sasaran kegiatan. Dari permasalahan tersebut terdapat solusi berupa pendekatan pembelajaran yang dirasa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu Pendekatan Pembelajaran Aktif Kreafif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Pendekatan PAKEM merupakan suatu pendekatan yang dapat dikembangkan sedemikian rupa agar seluruh kerakteristik pada pendekatan PAKEM dapat tercapai, baik dalam penggunaan media pembelajaran yang beragam, model pembelajaran yang digunakan serta sumber-sumber belajar yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart, yaitu penelitian yang dikembangkan bersama-sama untuk mencari pemecahan terhadap suatu permasalahan yang timbul di kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik pada keterlaksanaan pendekatan PAKEM maupun motivasi belajar siswa itu sendiri. Pendekatan PAKEM disimpulkan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: motivasi, pendekatan PAKEM, peserta didik.;--- This research is based on the results of researchers observations in grade IV in one elementary school in Sukajadi district of Bandung. The problem found is that learners are less motivated when the learning process takes place. This can be proved from five motivational indicators which confirm that the problems occurred in the class IV is about student learning motivation. The five indicators are: 1) duration of activity, 2) persistence in the purpose of activity, 3) fortitude and tenacity in facing difficulties, 4) devotion and sacrifice, 5) direction of attitude toward the target of activity. From these problems a solution that can be applied is use learning approach that can improve students' learning motivation, namely Active, Creative, Effective, and Joyful Learning approach approach (PAKEM). The PAKEM approach is an approach that can be developed in such a way that all of the characteristics can be achieved, whether in the use of diverse learning media, or the learning model used and the varied learning resources. This study aims to improve students' motivation in grade IV of elementary school by using PAKEM approach. The research method used in this research is a classroom action research model by Kemmis & Taggart, the research model developed to find solutions to a problem that arises in the classroom. This research was conducted in two cycles. Finding in this study is that there is an increase from cycle I to cycle II, whether it is on the implementation of PAKEM approach or the students' learning motivation. The conclude is PAKEM approach to be effective to improve students' learning motivation.
Item Description:http://repository.upi.edu/37371/1/S_PGSD_1406020_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37371/2/S_PGSD_1406020_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37371/3/S_PGSD_1406020_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37371/4/S_PGSD_1406020_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37371/5/S_PGSD_1406020_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37371/6/S_PGSD_1406020_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37371/7/S_PGSD_1406020_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37371/8/S_PGSD_1406020_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37371/9/S_PGSD_1406020_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37371/10/S_PGSD_1406020_Appendix.pdf