PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar matematika siswa SMP yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Asro Aini, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-01.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37464/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02872 am a22002773u 4500
001 repoupi_37464
042 |a dc 
100 1 0 |a Asro Aini, -  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING 
260 |c 2019-08-01. 
500 |a http://repository.upi.edu/37464/1/T_MTK_1706741_Halaman%20Judul.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37464/2/T_MTK_1706741_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37464/3/T_MTK_1706741_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37464/4/T_MTK_1706741_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37464/5/T_MTK_1706741_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37464/6/T_MTK_1706741_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37464/7/T_MTK_1706741_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar matematika siswa SMP yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sebanyak 32 orang siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol siswa kelas VIII SMPN 1 Lembang. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan penemuan terbimbing dengan tutor sebaya dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan skala diferensial semantik motivasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dengan tutor sebaya lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelompok KMA tinggi dan sedang yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dengan tutor sebaya lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajan konvensional; (3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelompok KMA rendah yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dengan tutor sebaya tidak lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) Peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dengan tutor sebaya lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (5) Kemampuan komunikasi matematis tutor sebaya berada pada kategori sangat baik. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37464/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/37464/