PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN MATERI KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salahsatu bahan ajar yang sangat penting dalam pembelajaran. Penggunaan LKPD bertujuan agar proses pembelajaran lebih bermakna dan memenuhi salah satu tujuan IPA di sekolah dasar yaitu mengembangkan keterampilan proses sains (KPS) untuk melakukan penyelidi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Purnama, Angga Eka (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37477/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salahsatu bahan ajar yang sangat penting dalam pembelajaran. Penggunaan LKPD bertujuan agar proses pembelajaran lebih bermakna dan memenuhi salah satu tujuan IPA di sekolah dasar yaitu mengembangkan keterampilan proses sains (KPS) untuk melakukan penyelidikan terhadap alam sekitar sehingga mampu memecahkan masalah serta membuat keputusan. Pendidik selama ini hanya menggunakan LKPD yang tercantum dalam buku pendidik tanpa menganalisisnya terlebih dahulu sehingga LKPD tersebut kurang menuntut peserta didik untuk melakukan suatu penyelidikan (percobaan) guna memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memperbaiki permasalahan dan kekurangan yang terdapat dalam LKPD di sekolah dasar ini yaitu dengan penggunaan LKPD yang ideal atau dapat meningkatkan dan mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS), karena LKPD berbasis POE ini dapat melatih peserta didik untuk bisa memprediksi, menyelidiki serta mengkomunikasikan suatu peristiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Instrumen utamanya yaitu LKPD berbasis POE, lembar validasi dan angket. LKPD ini diuji cobakan kepada peserta didik kelas V di empat sekolah dasar berbeda yang terletak di Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa KPS peserta didik meningkat (95%) setelah diperoleh LKPD sesuai kebutuhan, hasil validasi LKPD (95%) "sangat baik" dari peserta didik serta (88,3 segi materi & 83,5 segi desain) "sangat valid" dari judgment. KPS yang belum tercapai terutama pada indikator interpretasi dan pengajuan pertanyaan. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Lembar Kerja Peserta Didik, Predict-Observe-Explain, Research and Development. Student Worksheets (LKPD) are a very important teaching material in learning. The use of LKPD aims to make the learning process more meaningful and fulfill one of the goals of IPA in elementary school which is developing science process skills (KPS) to conduct an investigation into the environment so as to solve problems and making decisions. Educators have only used the LKPD listed in the teacher's book without analyses it first so that the LKPD is less demanding for learners to perform an investigation to solve problems in life daily. To improve the problems and deficiencies found in the LKPD in this elementary school, it is with the use of an ideal LKPD or can improve and develop the cognitive, affective and psychomotor aspects of learners during learning. The purpose of this research is to develop LKPD based on Predict-Observe-Explain (POE) to improve science process skills (KPS), because this POE based LKPD can train learners to predict, investigate and communicating an event. The method used in this research is Research and Development (R&D). The main instruments are POE based LKPD, validation sheet and poll. LKPD is tested to the students of the class V in four different elementary schools located in the district Sumedang Selatan, Sumedang, West Java. From the results of the study obtained data that the KPS of learners increased (95%) After acquired LKPD as needed, LKPD validation result (95%) "Excellent" of students as well (88.3 in terms of material & 83.5 design) "is very valid" from judgment. The KPS have not been reached primarily on indicators of interpretation and filing questions. Keywords: Predict-Observe-Explain, Research and Development, Science Process Skills, Student Worksheet.
Item Description:http://repository.upi.edu/37477/1/S_PGSD_Kelas_1500884_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37477/2/S_PGSD_Kelas_1500884_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37477/3/S_PGSD_Kelas_1500884_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37477/4/S_PGSD_Kelas_1500884_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37477/5/S_PGSD_Kelas_1500884_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37477/6/S_PGSD_Kelas_1500884_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37477/7/S_PGSD_Kelas_1500884_Appendix.pdf