DESKRIPSI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK

Penelitian ini ditujukan untuk melihat kemampuan menyelesaikan soal cerita volume kubus dan balok. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai landasan untuk menentukan solusi mengatasi masalah rendahnya kemampuan menyelesaikan soal cerita di sekolah dasar. Kemampuan menyelesaikan soal cerita yang dima...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurjanah, Vivi Fauzia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37482/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04512 am a22002533u 4500
001 repoupi_37482
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurjanah, Vivi Fauzia  |e author 
245 0 0 |a DESKRIPSI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK 
260 |c 2019-07-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/37482/1/S_PGSD_Kelas_1500617_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37482/2/S_PGSD_Kelas_1500617_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37482/3/S_PGSD_Kelas_1500617_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37482/4/S_PGSD_Kelas_1500617_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37482/5/S_PGSD_Kelas_1500617_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37482/6/S_PGSD_Kelas_1500617_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37482/7/S_PGSD_Kelas_1500617_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini ditujukan untuk melihat kemampuan menyelesaikan soal cerita volume kubus dan balok. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai landasan untuk menentukan solusi mengatasi masalah rendahnya kemampuan menyelesaikan soal cerita di sekolah dasar. Kemampuan menyelesaikan soal cerita yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan konseptual dan kemampuan prosedural. Kemampuan konseptual berkaitan dengan kemampuan menentukan jumlah masing-masing unsur kubus dan balok yakni jumlah masing-masing sisi, rusuk, dan titik sudut. Sementara itu, kemampuan prosedural berkaitan dengan 4 langkah menyelesaikan soal cerita, yakni memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, serta memeriksa kembali solusi (jawaban) dan mencari alternatif jawaban lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes diagnostik, pedoman wawancara kepada guru dan siswa, serta catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 siswa kelas V SD yakni 25 siswa kelas V SDN Pasirbenteng II, 36 siswa kelas V SDN Citungku, dan 39 siswa kelas V SDN Pasir Biru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konseptual kubus siswa tergolong sangat rendah dengan kemampuan menentukan jumlah sisi sebagai kemampuan paling rendah dan kemampuan menentukan jumlah rusuk sebagai kemampuan paling tinggi. Kemampuan konseptual balok siswa pun tergolong sangat rendah dengan kemampuan menentukan jumlah sisi sebagai kemampuan paling rendah sedangkan kemampuan menentukan jumlah titik sudut sebagai kemampuan paling tinggi. Kemampuan prosedural siswa pun tergolong sangat rendah dengan kemampuan memahami masalah sebagai kemampuan paling tinggi sedangkan kemampuan memeriksa solusi (jawaban) dan mencari alternatif jawaban lain sebagai kemampuan paling rendah. Kata kunci : kemampuan, soal cerita, volume kubus dan balok. This research is itended to describe a ability to solve story matter in cube and beams volume materials. The result of this study can be a basic to decide a solutions of the low ability to solve story matter in cube and beams volume materials. The ability to solve story matter in this study reffered the conceptual ability and procedural ability. The conceptual ability associated with ability to decide a number of side, rib, and vertex of cube and beams. The procedural ablity associated with 4 steps to solve the story matter. There are understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, looking back and looking for alternative solutions. This research was conducted using the diagnostic test instrument, interview guidlines for teachers and student as research's subject, and field note. The subject of this research is 100 student in grade V consist of 25 student of SDN Pasirbenteng II, 36 student of SDN Citungku, and 39 student of SDN Pasirbiru. The result showed that the ability of conceptual cube was very low with the ability to determine the number of sides as the lowest and the ability to determine the number of ribs as the highest. The ability of conceptual beams was very low too with the ability to determine the number of sides as the lowest and the ability to determine the number of vertex as the highest. The ability of procedural in solve the story matter was very low with understanding the problem as a highest and the ability to looking back and looking for alternative solutions as the lowest. Keywords : ability, story matter, cube and beams volume. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37482/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/37482/