PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA(Penelitian Kuasi Eksperimen pada Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar Siswa Kelas III SD di Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon)

Secara tidak langsung, semua kegiatan manusia terkait dengan matematika. Misalnya saja dalam kegiatan jual beli yang ada di pasar, pasti akan menggunakan hitungan matematika, baik itu penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. Selain itu, matematika sebagai fasilitator dalam berbagai bida...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Salamah, Robiatus (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37495/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Secara tidak langsung, semua kegiatan manusia terkait dengan matematika. Misalnya saja dalam kegiatan jual beli yang ada di pasar, pasti akan menggunakan hitungan matematika, baik itu penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. Selain itu, matematika sebagai fasilitator dalam berbagai bidang keilmuan. Matematika juga membentuk sebuah pola pikir yang sistematis untuk bisa menjalankan kehidupannya. Sehingga, jika melihat dari hal- hal tersebut, seorang manusia perlu penguasaan kemampuan koneksi matematika dan juga bermotivasi untuk belajar matematika. Sejak dini matematika dipelajari melalui pembelajaran yang ada di sekolah. Inovasi dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika. Etnomatematika yang dipilih adalah hasil kebudayaan Cirebon berupa motif batik khas, makanan tradisioanl, dan permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa yang belajar dengaan pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika dengan pendekatan saitifik, mengetahui perbedaan dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar melalui pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika dan pembelajaran saintifik, serta mengetahui hubungan antara kemampuan koneksi matematis dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain kelompok pretest-posttest control grup, dengan sampel kelas III SDN 1 Grogol dan SDN 1 Dukuh Cirebon. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kenaikan N-Gain pada nilai pretest dan posttest terhadap kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar baik dengan pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika maupun dengan pendekatan saintifik. Simpulan dalam penelitian ini yaitu, 1) pengaruh positif kemampuan koneksi matematis dan motivasi yang diberikan pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika terjadi secara signifikan, 2) pengaruh positif meningkatnya kemampuan koeneksi matematis dan motivasi siswa dengan pendekatan saintifk, namun tidak terjadi secara signifikan, 3) terdapat hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan koneksi matematis. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Etnomatematika, Kemampuan Koneksi Indirectly, all the human activity are connected with mathematics. For example, if we doing economics activity in the market, we certainly do the counting like sum, diminution, multiplication, or division. Other than that, mathematics could be a facilitator on other various of scientific. Also mathematics could make a sistematic mindset on the brain for carry out their lives. Because of that, all human should be have mathematical connection skills and also have big motivaion for learning mathematics. Since the old time, mathematics learned on school. The one of innovations of learning mathematic is ethnomatematics based contextual approach. The one of ethnomatematics is Cirebon's culture result is like "batik motif", traditional food, and traditional game. This study aims to know the differences in the increase in mathematical connection skills and student motivation on student who learn with ethnomatematical approaches and scientific approach, to know the differences in improving mathematical connection skills and learnig motivation trhrough an ethnomatematic based contextual approach and saintific approach, and to know the correlation between connection mathematics skills and learning motivation.This research used pretest-posttest control group design with samples of grade III SDN Grogol 1 dan SDN Dukuh 1 Cirebon. The results of this study are that there is an increase in N-Gain pretest and posttest scores on mathematical connection skills and learning motivation both of ethnomatematical based contextual approach and scientific approach. Conclusions of this research are: 1) the positive significanly effect of mathematical connection skills and learning motivation from ethnomatematics based contextal approaches, 2) the positive effect but not significantly increasing of mathematical connection skills and leraning motivation with scientific approach, 3) there is correlation between mathematical connection skills with learning motivation. Keyword: Cotextual Approach, Ethnomatematic, Mathematical connection skills, Learning Motivation.
Item Description:http://repository.upi.edu/37495/1/S_PGSD_KELAS_1507093_Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/37495/2/S_PGSD_KELAS_1507093_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37495/3/S_PGSD_KELAS_1507093_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37495/4/S_PGSD_KELAS_1507093_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37495/5/S_PGSD_KELAS_1507093_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37495/6/S_PGSD_KELAS_1507093_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37495/7/S_PGSD_KELAS_1507093_Appendix.pdf