INTERNALISASI NILAI DISIPLIN MELALUI KETELADANAN GURU SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA: Studi Deskriptif Analitik di SMP Negeri 2 Pemalang

Telah menjadi fenomena nyata bahwa masih terdapat pelanggaran yang menjadi masalah disiplin di sekolah. Kedisiplinan belum tertanam pada diri siswa serta setiap hari masih ada siswa yang melanggar masalah disiplin sekolah. Untuk mengatasi permasalahan kedisiplinan ini, penulis meneliti bagaimana int...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Novian Aziz Efendi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-18.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37496/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Telah menjadi fenomena nyata bahwa masih terdapat pelanggaran yang menjadi masalah disiplin di sekolah. Kedisiplinan belum tertanam pada diri siswa serta setiap hari masih ada siswa yang melanggar masalah disiplin sekolah. Untuk mengatasi permasalahan kedisiplinan ini, penulis meneliti bagaimana internalisasi nilai disiplin melalui keteladanan guru sebagai upaya mengembangkan kepribadian siswa studi deskriptif analitik di SMP Negeri 2 Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui keadaan aktual mengenai internalisasi nilai disiplin di SMP Negeri 2 Pemalang; 2) Untuk mengetahui perencanaan guru dalam internalisasi nilai disiplin melalui keteladanan guru sebagai upaya mengembangkan kepribadian siswa SMP Negeri 2 Pemalang; 3) Untuk mengetahui proses internalisasi nilai disiplin melalui keteladanan guru sebagai upaya mengembangkan kepribadian siswa SMP Negeri 2 Pemalang; 4) Untuk mengetahui evaluasi internalisasi nilai disiplin melalui keteladanan guru sebagai upaya mengembangkan kepribadian siswa SMP Negeri 2 Pemalang; 5) Untuk mengetahui hambatan dan solusi dari internalisasi nilai disiplin melalui keteladanan guru sebagai upaya mengembangkan kepribadian siswa SMP Negeri 2 Pemalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data meliputi hal yang berkaitan dengan data tentang internalisasi nilai disiplin pada siswa melalui keteladanan guru di sekolah sebagai upaya mengembangkan kepribadian siswa, seperti: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini bahwa internalisasi nilai disiplin melalui keteladanan guru sebagai upaya mengembangkan kepribadian siswa di SMP Negeri 2 Pemalang sudah dilaksanakan dengan baik, dengan demikian dalam internalisasi nilai disiplin ini ke depannya guru diharapkan dapat mengembangkan kepribadian siswa.;-- A discipline problem has become a real phenomenon that it is still exist in school. Discipline has not been copied by the students and the student still discuss about the problem of school discipline.To overcome of this discipline problem, the author tried to examine how the internalization of discipline through the example of teacher in an effort to develop the personality of students Case Study in SMP Negeri 2 Pemalang. The general objective of this study is to analyze and put forward the concept of exemplary teachers in the internalization of discipline as an effort to develop the personality of the students. While the specific objectives of this research are; 1) To determine the planning of teachers in the internalization of discipline through the example of teachers in an effort to develop the personality of students of SMP Negeri 2 Pemalang; 2) To know the process of internalization of discipline through the example of teachers in an effort to develop the personality of students of SMP Negeri 2 Pemalang; 3) To know the evaluation of the internalization of discipline through the example of teachers in an effort to develop the personality of students of SMP Negeri 2 Pemalang; 4) To find out the barriers and the solution of the internalization of discipline through the example of teachers in an effort to develop the personality of students of SMP Negeri 2 Pemalang. The method that used in this research was descriptive method qualitative analytic approach. Data analysis techniques included matters in relating to the data on the internalization of discipline in students through the example of teacher in schools in an effort to develop the personality of the students, such as: data collection, data reduction, data display, dan conclution: drawing/verivication. The result of this study that the discipline values internalization throuh teacher exemplary as an effort to develop strudent personality in SMP Negeri 2 Pemlng has been implemented well. Thus, in the future the internalization of this discipline in teacher in expected to develop the students personality.
Item Description:http://repository.upi.edu/37496/1/T_PU_1603066_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37496/2/T_PU_1603066_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37496/3/T_PU_1603066_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37496/4/T_PU_1603066_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37496/5/T_PU_1603066_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37496/6/T_PU_1603066_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37496/7/T_PU_1603066_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37496/8/T_PU_1603066_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37496/9/T_PU_1603066_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37496/10/T_PU_1603066_Appendix.pdf