PENGARUH METODE RANDAI BERBASIS ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA SEKOLAH DASAR: Peneltian Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran IPS di Kelas Lima SDN 29 Ganting Utara, Padang

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya kemampuan kolaborasi dan mulai tergerusnya seni budaya tradisional pada era globalisasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk memodifikasi randai, yakni salah satu seni budaya Minangkabau yang merupakan hasil kolaborasi antara permainan gerak, lagu, dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Murniwati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3759/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya kemampuan kolaborasi dan mulai tergerusnya seni budaya tradisional pada era globalisasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk memodifikasi randai, yakni salah satu seni budaya Minangkabau yang merupakan hasil kolaborasi antara permainan gerak, lagu, dan peran ke dalam proses pembelajaran untuk kemudian dilihat pengaruhnya terhadap kemampuan kolaborasi siswa. Langkah-langkah penggunaan randai dalam proses pembelajaran berbasis pada langkah pembelajaran dengan metode role playing. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima A dan B SDN 29 Ganting Utara, Padang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan melalui soal pilihan ganda untuk menilai kemampuan kolaborasi aspek pengetahuan. Teknik non tes terdiri dari kuesioner untuk menilai aspek sikap dan lembar observasi untuk menilai aspek keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode randai berbasis role playing berpengaruh pada kemampuan kolaborasi siswa sekolah dasar.;-- This research is motivated by the importance of the collaboration skill and the eruption of traditional cultural art in the era of globalization. The purpose of this research is to modify randai, one of Minangkabau cultural art which is the result of collaboration between dance, song, and role into the learning process to then be seen its influence on student collaboration skill. The steps of using randai in the learning process are based on the learning step by the role-playing method. This research method is quantitative with quasi experimental design. Subjects in this study were 44 fifth graders A and B of 29 Gantiang Utara Public Elementary School, Padang. The data in this study were collected by test and non test techniques. The test technique is done through multiple choice questions to assess the collaboration skills of the knowledge aspect. The non-test technique consists of a questionnaire to assess attitude aspects and observation sheets to assess skills aspects. The results showed that learning using randai-based role-playing method had an effect on the collaboration skill of elementary school students.
Item Description:http://repository.upi.edu/37509/1/T_PD_1603069_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37509/2/T_PD_1603069_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37509/3/T_PD_1603069_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37509/4/T_PD_1603069_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37509/5/T_PD_1603069_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37509/6/T_PD_1603069_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37509/7/T_PD_1603069_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37509/8/T_PD_1603069_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37509/9/T_PD_1603069_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37509/10/T_PD_1603069_Appendix.pdf