STUDI KOMPARATIF KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI : Studi pada Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karangnunggal dan MA Negeri 6 Tasikmalaya di Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu masih banyaknya siswa yang belum mampu mencapai nilai KKM pada mata pelajaran ekonomi yang terlihat dari rata-rata Ulangan Akhir Semester ganjil tahun 2017/2018 pada siswa SMAN 1 Karangnunggal dan MAN 6 Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rani Sri Wahyuni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37547/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04214 am a22003133u 4500
001 repoupi_37547
042 |a dc 
100 1 0 |a Rani Sri Wahyuni, -  |e author 
245 0 0 |a STUDI KOMPARATIF KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI : Studi pada Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karangnunggal dan MA Negeri 6 Tasikmalaya di Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018 
260 |c 2018-08-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/1/S_PEK_1404954_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/2/S_PEK_1404954_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/3/S_PEK_1404954_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/4/S_PEK_1404954_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/5/S_PEK_1404954_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/6/S_PEK_1404954_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/7/S_PEK_1404954_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/8/S_PEK_1404954_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/9/S_PEK_1404954_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37547/10/S_PEK_1404954_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu masih banyaknya siswa yang belum mampu mencapai nilai KKM pada mata pelajaran ekonomi yang terlihat dari rata-rata Ulangan Akhir Semester ganjil tahun 2017/2018 pada siswa SMAN 1 Karangnunggal dan MAN 6 Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, dengan membedakan antara siswa SMAN 1 Karangnunggal dan MAN 6 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi komparatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 154 siswa kelas XI IIS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Karangnunggal dan MAN 6 Tasikmalaya, pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dan uji beda. Temuan penelitian menunjukkan (1) Gambaran umum hasil belajar berada pada kategori dibawah KKM; kemandirian belajar berada pada kategori cukup mandiri, dan kategori lingkungan belajar berada pada kategori cukup kondusif; (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar; (3) Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar; (4) Tidak terdapat perbedaan pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar antara SMAN 1 Karangnunggal dan MAN 6 Tasikmalaya.;--The Research is based on the issue that many students who don't be able to reach the standard of the learning outcome (KKM) on economy subject which can be indicated from the average of the last odd semester learning outcome in 2017/2018 on SMAN 1 Karangnunggal and MAN 6 Tasikmalaya. This research is aimed for knowing how independence learning and learning environment influence learning outcome on economy subject with distinguish between students of Karangnunggal 1 Senior High School and MAN 6 Tasikmalaya. Method of the research which used is study comparative method with questionnaire as data collector tool. The population in this research numbered 154 on grade XI IIS students on economy subject SMAN 1 Karangnunggal and MAN 6 Tasikmalaya, taking sample do use saturated technique sample. Data technique analysis use multiple regression and differentiation test. Results of the research show (1) Overview general learning outcomes are under KKM category ; independence learning is on enough independent category, and learning environment is on enough conducive ; (2) independence learning has positive effect on learning outcome, (3) learning environment has positive effect on learning outcome, (4) there is no difference of independence learning and learning environment between SMAN 1 Karangnunggal and MAN 6 Tasikmalaya. 
546 |a en 
690 |a HB Economic Theory 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37547/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/37547/