OPTIMASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V PADA MATERI PERISTIWA ALAM (Penelitian Pre-Eksperimen terhadap Siswa Kelompok Tinggi, Kelompok Sedang, Kelompok Rendah Kelas V SD Negeri 5 Kersamanah Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut)

Pendidikan IPA yang ada di tingkat SD merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan makhluk hidup dan fenomena alam yang sering terjadi dalam kehidupan nyata, didalamnya terdapat permasalahan-permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa pada pembelajaran. Untuk dapat memecahkan masalah tersebut, g...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurfajriah, Silvia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37586/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02853 am a22002533u 4500
001 repoupi_37586
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurfajriah, Silvia  |e author 
245 0 0 |a OPTIMASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V PADA MATERI PERISTIWA ALAM (Penelitian Pre-Eksperimen terhadap Siswa Kelompok Tinggi, Kelompok Sedang, Kelompok Rendah Kelas V SD Negeri 5 Kersamanah Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut) 
260 |c 2019-07-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/37586/1/S_PGSD_Kelas_1505301_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37586/2/S_PGSD_Kelas_1505301_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37586/3/S_PGSD_Kelas_1505301_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37586/4/S_PGSD_Kelas_1505301_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37586/5/S_PGSD_Kelas_1505301_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37586/6/S_PGSD_Kelas_1505301_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37586/7/S_PGSD_Kelas_1505301_Appendix.pdf 
520 |a Pendidikan IPA yang ada di tingkat SD merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan makhluk hidup dan fenomena alam yang sering terjadi dalam kehidupan nyata, didalamnya terdapat permasalahan-permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa pada pembelajaran. Untuk dapat memecahkan masalah tersebut, guru harus kreatif dalam mengembangkan pembelajaran di kelas. Dengan adanya model discovery learning dapat melibatkan siswa untuk menemukan sebuah pengetahuan atau informasi dalam permasalahan kehidupan di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model discovery learning pada materi peristiwa alam. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode pre-ekperimental dengan desain penelitian menggunakan desain one group pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 5 Kersamanah. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes dan non tes. Soal tes yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif, sedangkan soal non tes meliputi angket, wawancara, serta observasi aktivitas siswa. Adapun simpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah setelah pelaksanaan dengan taraf signifikansi α = 0,05 menyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok tinggi, siswa kelompok sedang, dan siswa kelompok rendah, serta terdapatnya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang ada pada ketiga kelompok tersebut. Kata Kunci: Model discovery learning, Berpikir Kreatif Siswa, Peristiwa Alam. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37586/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/37586/