PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA SISWA PADA PRAKTIKUM GAMBAR PROYEKSI ORTOGONAL DI SMKN 2 BANDUNG

Kurikulum yang saat ini diterapkan di sekolah menggunakan kurikulum 2013, teknik penilaian yang digunakan yaitu penilaian autentik. Salah satu penilaian autentik yang dapat digunakan untuk penilaian praktikum yaitu penilaian kinerja, dimana penilaian kinerja dapat mengungkap kinerja siswa selama pra...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anis Kusnadi Dewi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-03.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/376/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kurikulum yang saat ini diterapkan di sekolah menggunakan kurikulum 2013, teknik penilaian yang digunakan yaitu penilaian autentik. Salah satu penilaian autentik yang dapat digunakan untuk penilaian praktikum yaitu penilaian kinerja, dimana penilaian kinerja dapat mengungkap kinerja siswa selama praktikum berlangsung. Penilaian yang digunakan di sekolah saat ini yaitu penilaian hasil, sehingga peneliti mengembangkan suatu instrumen penilaian kinerja. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel sehingga dapat menjadi alat ukur penilaian saat praktikum berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode Desain Based Reseach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi jurusan Teknik Mesin dan sampel dari penelitian ini sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menghasilkan suatu instrumen penilaian kinerja untuk praktikum gambar proyeksi ortogonal. Pengujian validitas konstruk instrumen dilaksanakan oleh dua orang dosen ahli dan menyatakan bahwa instrumen valid. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan reliabel serta tergolong dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian kinerja yang ada, sebagian besar siswa kompeten.;-- Curriculum currently applied in schools using the 2013 curriculum, assessment techniques used are authentic assessment. One of the authentic assessments that can be used for practicum assessment is performance appraisal, in which performance appraisals can reveal student performance during the lab. The assessment used in the current school is assessment of outcomes, so the researcher develops a performance appraisal instrument. The purpose of this study is to produce a valid and reliable instrument so that it can be a tool for assessment when the lab lasts. This research uses Design Based Reseach method. The population in this study are students of Mechanical Engineering and the sample of this research as many as 29 students. This study produces a performance appraisal instrument for the orthogonal projection image practice. Testing the validity of the construct of the instrument is carried out by two expert lecturers and states that the instrument is valid. The results of data processing shows that the instrument developed reliabel and classified in very good category. Based on the existing performance appraisal, most students are competent.
Item Description:http://repository.upi.edu/37600/1/S_TM_1200640_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37600/2/S_TM_1200640_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37600/3/S_TM_1200640_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37600/4/S_TM_1200640_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37600/5/S_TM_1200640_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37600/6/S_TM_1200640_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37600/7/S_TM_1200640_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37600/8/S_TM_1200640_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37600/9/S_TM_1200640_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37600/10/S_TM_1200640_Appendix.pdf