PENGARUH METODE LATIHAN ACAK TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode latihan acak terhadap keterampilan bermain bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain kelompok tes awal dan dan tes akhir (pre-test and post-test control group design) terhadap 24 siswa sampel dibagi dua kelompok pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fajar Putra Pangestu, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37678/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode latihan acak terhadap keterampilan bermain bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain kelompok tes awal dan dan tes akhir (pre-test and post-test control group design) terhadap 24 siswa sampel dibagi dua kelompok perlakuan dengan teknik penyapelan acak (simple random sampling), masing-masing kelompok terdiri dari 12 orang siswa dengan populasi siswa eskul bulutangkis yang berjumlah 24 orang. Data tes awal dan tes akhir dikumpulkan dengan menggunakan tes Game Performance Assessment Intrument (GPAI) yang telah valid dan dianalisis menggunakan uji t (paired sample t test). Hasil analisis sample t-test menunjukan bahwa metode latihan acak memberikan pengaruh yang signifikan di bandingkan metode latihan terpusat terhadap keterampilan bermain bulutangkis. Dapat disimpulkan bahwa metode latihan acak lebih besar pengaruhnya dibandingkan metode latihan terpusat terhadap keterampilan bermain bulutangkis pada siswa eskul bulutangkis SMPN 2 Lembang. ..... The purpose of this study was to examine the effect of randomized training methods on badminton playing skills. This research used experimental method and pre-test and post-test group design design to 24 sample students divided into two treatment groups with simple random sampling technique, each group consisting of 12 students with a population of students badminton eskul totaling 24 people. Preliminary test data and final tests were collected using a validly tested Game Performance Assessment Intrument (GPAI) test and analyzed using paired sample t test. The results of t-test sample analysis showed that randomized exercise method gave a significant influence in comparison with the method of centralized training on badminton playing skills. It can be concluded that the method of random exercise has greater influence than the centralized training method on badminton playing skills in SMPN 2 Lembang's extra-curricular students.
Item Description:http://repository.upi.edu/37678/1/S_JKR_10304082_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37678/2/S_JKR_10304082_Tabel_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37678/3/S_JKR_10304082_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37678/4/S_JKR_10304082_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37678/5/S_JKR_10304082_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37678/6/S_JKR_10304082_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37678/7/S_JKR_10304082_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37678/8/S_JKR_10304082_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37678/9/S_JKR_10304082_Bibiliography.pdf
http://repository.upi.edu/37678/10/S_JKR_10304082_Appendix.pdf