MANFAAT HASIL BELAJAR MANAJEMEN USAHA BUSANA SEBAGAI KESIAPAN MERINTIS BISNIS ISLAMIC FASHION E-COMMERCE

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi untuk menjadi kiblat fashion muslim dunia. Bisnis fashion muslim mengalami perkembangan sangat pesat terbukti dengan semakin maraknya transaksi jual beli busana muslim melalui e-commerce, yang dikenal dengan istilah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hanatika Nurhaeni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3774/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi untuk menjadi kiblat fashion muslim dunia. Bisnis fashion muslim mengalami perkembangan sangat pesat terbukti dengan semakin maraknya transaksi jual beli busana muslim melalui e-commerce, yang dikenal dengan istilah Islamic fashion e-commerce. Bisnis Islamic fashion e-commerce merupakan salah satu usaha perantara busana dengan memanfaatkan jaringan internet sehingga pemasaran busana muslim dilakukan secara digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai manfaat hasil belajar manajemen usaha busana sebagai kesiapan merintis bisnis Islamic fashion e-commerce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel penelitian ini menggunakan sampel total, yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana Departemen PKK FPTK UPI angkatan 2015 berjumlah 48 orang yang telah menempuh mata kuliah manajemen usaha busana. Instrumen atau alat penelitian yang digunakan adalah berupa kuisioner (angket). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar manajemen usaha busana dapat memberikan manfaat pada mahasiswa agar siap dalam merintis bisnis Islamic fashion e-commerce ditinjau dari kompetensi konsep manajemen dan peluang, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan dalam bidang usaha busana. Simpulan penelitian ini bahwa lebih dari setengahnya mahasiswa merasakan manfaat hasil belajar manajemen usaha busana sebagai kesiapan merintis bisnis Islamic fashion e-commerce.;--Indonesia is a country with the largest muslim population in the world that has potential to become the mecca of world's muslim fashion. Islamic fashion business is progressing very rapidly proven by the increasingly widespread buying and selling of Muslim fashion through e-commerce, which is known as the Islamic fashion e-commerce. Islamic fashion e-commerce business is one of fashion intermediary business with utilize the internet network so that the marketing of muslim fashion is done digitally. The purpose of this research is to researching the data about the advantages of fashion business management learning as in readiness to start an Islamic fashion e-commerce business. The method used in this research is descriptive method. The sample of this research using total sample, that is student of Study Program of Fashion Education PKK FPTK UPI generation of 2015 which quantity of 48 people who have taken the course of fashion business management. The instrument or research tool used is questionnaire. The findings of this research indicate that the advantages of learning fashion business management can equip student till ready to start an Islamic fashion e-commerce business in terms of management concept and opportunities, human resource management, production management, marketing management, and financial management in the fashion business field. The conclusion of this findings more than half of student feel the advantages of fashion business management learning as in readiness to start an Islamic fashion e-commerce business.
Item Description:http://repository.upi.edu/37740/1/S_PKK_1403792_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37740/2/S_PKK_1403792_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37740/3/S_PKK_1403792_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37740/4/S_PKK_1403792_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37740/5/S_PKK_1403792_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37740/6/S_PKK_1403792_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37740/7/S_PKK_1403792_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37740/8/S_PKK_1403792_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37740/9/S_PKK_1403792_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37740/10/S_PKK_1403792_Appendix.pdf