KEPUASAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN

Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Sistem pendidikan yang baik dan terintegrasi akan menentukan kualitas pendidikan suatu perguruan tinggi, serta dapat membangun tingkat kepuasan mahasiswa yang akan menjadi salah satu tolak ukur untuk mengetahui bagaimana kuali...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hana Aulia Fauizah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-06-01.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37753/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Sistem pendidikan yang baik dan terintegrasi akan menentukan kualitas pendidikan suatu perguruan tinggi, serta dapat membangun tingkat kepuasan mahasiswa yang akan menjadi salah satu tolak ukur untuk mengetahui bagaimana kualitas sistem pendidikan pada suatu perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan menggambarkan kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada mahasiswa program studi DIII Keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 60 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner dengan 30 butir soal yang meliputi 5 dimensi. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil Penelitian ini menunjukan 32 mahasiswa menyatakan puas (53%), 28 mahasiswa menyatakan Kurang Puas (47%). Kepuasan Mahasiswa didasarkan atas beberapa dimensi yaitu dimensi tangible (keberwujudan), dimensi reliability (keandalan), dimensi responsiveness (daya tanggap), dimensi assurance (jaminan), dimensi empathy (empati). Dari 5 dimensi kurang puas terbesar terdapat pada dimensi empathy (empati) dalam aspek staf akademik memahami keinginan dan kebutuhan mahasiswa. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian dari pihak istitusi pendidikan guna meningkatkan kualitas pelayanan dalam proses pembelajaran. Saran untuk institusi pendidikan agar lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas pendidikan dalam proses pembelajaran berdasarkan 5 dimensi kepuasan tersebut. Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Pembelajaran, Mahasiswa. Each college must have a different education system. A good education system and integrated will determine the quality of a college education, and can build a level of student satisfaction that will be a benchmark to determine how the quality of the education system at a college. This study aims to describe the satisfaction of students in the learning process to the students of Diploma of Nursing University of Indonesia. The study design used is descriptive quantitative method. The number of samples in this study were 60 respondents. The instrument used in this study a questionnaire with 30 items covering five dimensions. Analysis technique used is a univariate analysis.This study shows the results of 32 students said they were satisfied (53%), 28 students expressed less satisfied (47%). Student satisfaction based on several dimensions of tangible (keberwujudan), the dimension of reliability (reliability), the dimension of responsiveness (responsiveness), the dimensions of assurance (guarantee), the dimensions of empathy (empathy). Of the five largest dimensions less satisfied there is the dimension of empathy (empathy) in the aspect of academic staff understand the wishes and needs of the students. It needs to get the attention of the istitusi education in order to improve service quality in the learning process. Suggestions for educational institutions to pay more attention and improve the quality of education in the learning process based on 5 dimensions such satisfaction. Keywords : Student Satisfaction, Education, Students.
Item Description:http://repository.upi.edu/37753/1/TA_JKR_1607463_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37753/2/TA_JKR_1607463_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37753/3/TA_JKR_1607463_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37753/4/TA_JKR_1607463_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37753/5/TA_JKR_1607463_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37753/6/TA_JKR_1607463_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37753/7/TA_JKR_1607463_Appendix.pdf