PENGARUH KOMITMEN PENGELOLA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KETUA PKBM TERHADAP MUTU PENGELOLAAN PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C DI KOTA CIMAHI

Pendidikan yang bermutu merupakan pencapaian dari terselenggaranya proses pendidikan yang dikelola sejalan dengan tujuan peningkatan mutu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi awal di lapangan dimana mutu pendidikan kesetaraan program paket C di Kota Cimahi belum optimal yang diduga disebabk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ratih Yuniarti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-03.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37828/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pendidikan yang bermutu merupakan pencapaian dari terselenggaranya proses pendidikan yang dikelola sejalan dengan tujuan peningkatan mutu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi awal di lapangan dimana mutu pendidikan kesetaraan program paket C di Kota Cimahi belum optimal yang diduga disebabkan oleh kurang optimalnya komitmen pengelola dan kepemimpinan ketua PKBM. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari komitmen pengelola dan kepemimpinan situasional ketua PKBM terhadap mutu pengelolaan pendidikan kesetaraan program paket C di Kota Cimahi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan berupa kuesioner. Subjek yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 64 orang, terdiri dari ketua PKBM sebanyak 16 orang dan pengelola program paket C sebanyak 48 orang dari 16 PKBM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mutu pengelolaan pendidikan kesetaraan program paket C di Kota Cimahi terdeskripsikan berada pada kategori tinggi, begitu pula dengan komitmen pengelola dan kepemimpinan situasional ketua PKBM di Kota Cimahi berada pada kategori tinggi. Secara parsial, komitmen pengelola dan kepemimpinan situasional ketua PKBM memberikan pengaruh yang positif dan signifikan serta hubungan dengan tingkatan yang sedang terhadap mutu pengelolaan pendidikan kesetaraan program paket C. Begitu pun jika dilihat secara bersama-sama, kedua variabel tersebut memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pengelolaan pendidikan kesetaraan program paket C serta hubungan dengan tingkatan yang sedang. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan kesetaraan program paket C di Kota Cimahi, diperlukan usaha peningkatan komitmen pengelola terutama pemberian pelatihan, pendampingan dan penghargaan. Sedangkan untuk meningkatkan kepemimpinannya, maka perlu diselenggarakan pelatihan kepemimpinan situasional kepada ketua PKBM. ;--Quality education is the achievement of the implementation of educational process managed in line with the aim of quality improvement. This research is motivated by the initial condition in the field where the quality of equivalency education of package C program in Cimahi City not optimal which is allegedly caused by less optimal managerial commitment and leadership of CLC's leaders. This study aims to describe and analyze the influence of the commitment of managers and situational leadership of CLC's leaders on the quality management of equivalency education package C program in Cimahi City. The method used is descriptive method with quantitative approach. Data collection tool used in the form of questionnaire. The subjects of the study were 64 people, consisting of 16 CLC's leaders and 48 packages C program managers from 16 PKBM. The results of this study indicate that the quality management of equivalency education package C program in Cimahi City is described as high category, as well as the commitment of managers and situational leadership of CLC's leaders in Cimahi City is in the high category. Partially, management commitment and the situational leadership of the CLC's leaders have a positive effect and significant to the quality management of equivalency education package C program with medium level relationship. Similarly, the two variables have a positive effect and significant to the quality management of equivalency education package C program with medium level relationship. The recommendation of this research is to improve the quality management of equivalency education package C program in Cimahi City, it is necessary to increase the commitment of the managers especially the provision of training, mentoring and awards. As for improving its leadership, it is necessary to conduct situational leadership training to the CLC's leaders.
Item Description:http://repository.upi.edu/37828/1/T_ADPEN_1608391_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37828/2/T_ADPEN_1608391_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37828/3/T_ADPEN_1608391_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37828/4/T_ADPEN_1608391_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37828/5/T_ADPEN_1608391_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37828/6/T_ADPEN_1608391_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37828/7/T_ADPEN_1608391_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37828/8/T_ADPEN_1608391_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37828/9/T_ADPEN_1608391_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37828/10/T_ADPEN_1608391_Appendix.pdf