PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA: KUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi perbedaan kecerdasan visual spasial aspek object recognition, visual closure, dan spatial relation antara siswa yang menggunakan media video animasi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan powerpoint presentation pada mata pelajaran IPS m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dwi, Fitriyani Pertiwi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37848/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi perbedaan kecerdasan visual spasial aspek object recognition, visual closure, dan spatial relation antara siswa yang menggunakan media video animasi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan powerpoint presentation pada mata pelajaran IPS materi Macam-macam angin dan dampaknya terhadap kehidupan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang ada di SDN Ibu Jenab 3 Cianjur. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini, yaitu menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes untuk mengukur kecerdasan visual spasial siswa pada Bidang Studi IPS. Teknik analisis data yang dilakukan, yaitu dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil pengolahan data secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi lebih efektif untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial siswa dibandingkan dengan siswa yang menggunakan powerpoint presentation pada mata pelajaran IPS. Secara khusus, simpulan dalam penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Media video animasi lebih efektif dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial siswa pada aspek object recognition apabila dibandingkan dengan powerpoint presentation pada mata pelajaran IPS; (2) Media video animasi lebih efektif dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial siswa pada aspek visual closure apabila dibandingkan dengan powerpoint presentation pada mata pelajaran IPS; (3) Media video animasi lebih efektif dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial siswa pada aspek spatial relation apabila dibandingkan dengan powerpoint presentation pada mata pelajaran IPS.;--- The purpose of this study was to determine the significance of visual intelligence differences spatial aspects of object recognition, visual closure and spatial relation between students using video animation media compared with students using powerpoint presentation on fields studies of social science. The research uses a quantitative design with quasi experimental method. The population for this research are all of 4th-grade students from Ibu Jenab 3 Elementary School Cianjur.. The sample thecnique is cluster random sampling. The instrument of research uses objective test for measure the student visual spatial intelligence. The data analysis technique used normality test, homogeneity test and hypothesis testing. The general research result shows the infographic media using is more effective for increases the students visual spatial intelligence than the students who uses a diagram media on field studies of social science. The objectives research result is: (1) animation video media more effectives for increases the students visual spatial intelligence than the students who uses a powerpoint presentation on field Studies of Social Science level of object recognition; (2 animation video media more effectives for increases the students visual spatial intelligence than the students who uses a powerpoint presentation on field Studies of social science level of visual closure; (3 animation video media more effectives for increases the students visual spatial intelligence than the students who uses a powerpoint presentation on field Studies of Social Science level of spatial relation
Item Description:http://repository.upi.edu/37848/1/S_KTP_1400358_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37848/2/S_KTP_1400358_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37848/3/S_KTP_1400358_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/37848/4/S_KTP_1400358_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37848/5/S_KTP_1400358_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37848/6/S_KTP_1400358_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37848/7/S_KTP_1400358_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37848/8/S_KTP_1400358_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37848/9/S_KTP_1400358_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37848/10/S_KTP_1400358_Appendix.pdf