PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa mempunyai manfaat dalam menyelesaikan masalah matematis dan harus dikuasai oleh siswa. Siswa dalam proses belajar mengajar menggunakan kedua kemampuan tersebut untuk menganalisis dan menyintesis suatu masalah matematis. Dalam kaitan tersebut, siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nasir Za'ba, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3797/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05600 am a22002893u 4500
001 repoupi_37907
042 |a dc 
100 1 0 |a Nasir Za'ba, -  |e author 
245 0 0 |a PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI BARISAN DAN DERET 
260 |c 2019-08-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/37907/1/T_MTK_1706646_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37907/2/T_MTK_1706646_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37907/3/T_MTK_1706646_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37907/4/T_MTK_1706646_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37907/5/T_MTK_1706646_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37907/6/T_MTK_1706646_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/37907/7/T_MTK_1706646_Appendix.pdf 
520 |a Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa mempunyai manfaat dalam menyelesaikan masalah matematis dan harus dikuasai oleh siswa. Siswa dalam proses belajar mengajar menggunakan kedua kemampuan tersebut untuk menganalisis dan menyintesis suatu masalah matematis. Dalam kaitan tersebut, siswa memiliki gaya belajar yang berbeda tergantung jenis penyerapan dan pengolahan informasi, yaitu visual, auditorial dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi barisan dan deret dengan menggunakan pendekatan grounded theory. Langkah-langkah pada penelitian ini adalah menyusun lembar angket gaya belajar dan tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis; meminta siswa untuk mengisi lembar angket dan tes kemampuan; dan menganalisis hasil lembar angket gaya belajar dan jawaban siswa pada tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Subjek dari penelitian terdiri dari 64 siswa sekolah menengah atas kelas XI yang berada pada usia 16-17 tahun, kemudian subjek direduksi menjadi 6 siswa. Hasil temuan menunjukkan kemampuan penalaran matematis dalam membuat argumen dan kesimpulan logis, serta menggeneralisasi terbagi tiga kelompok yaitu banyak penjelasan dengan keteraturan rumus barisan untuk gaya belajar visual; data seadanya dengan keteraturan kuadrat, nilai beda bertingkat dan rumus barisan untuk gaya belajar auditorial; dan penjelasan terpisah-terpisah dengan keteraturan kuadrat dan rumus barisan untuk kinestetik. Selanjutnya, kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menggambarkan dan mendeskripsikan informasi juga terbagi tiga, yaitu banyak informasi tambahan, dan konsep barisan dan deret untuk gaya belajar visual; sedikit informasi tambahan dan informasi yang tidak diminta untuk gaya belajar auditorial; dan tanpa informasi tambahan dan informasi yang tidak berhubungan untuk kinestetik. Hasil analisis penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan perlakuan dalam proses belajar mengajar di kelas maupun pemberian tugas siswa. Mathematical reasoning and communication abilities on students have benefits in solving mathematical problems and must be mastered by students. Students in the process of teaching and learning use both the abilities to analyze and synthesize a mathematical problem. In such regard, students have different learning styles depending on the types of absorption and processing of information, namely visual, auditorial and kinesthetic learning styles. This research aimed to analyze the reasoning and mathematical communication abilities on students viewed by students' learning styles on the topic of sequence and series with the grounded theory approach. The steps in this research consisted of designing learning style questionnaire sheets and tests of mathematical reasoning and communication abilities; asking students to fill out the questionnaire sheets and tests of abilities; and analyzing the results of learning style questionnaire sheets and student answers on tests of mathematical reasoning and communication abilities. The subject of the research consisted of 64 high school students of the eleventh grade at the age of 16-17 years, then the subjects were reduced to six students. Results demonstrated that mathematical reasoning ability on students in making arguments and logical conclusions, and generalize is divided into three groups, those are a lot of explanation with general formula of sequence for the visual learning style; raw data with harmony of quadratic, harmony of levelled differentiation value, and general formula of sequence for auditorial learning style; and separated explanation with harmony of quadratic, and general formula of sequence for kinesthetic learning style. Furthermore, mathematical communication ability on students in depicting and describing information is also divided into three, those are who need a lot of additional information and concept of sequence and series for a visual learning style; need a little of additional information and information that are not asked for auditorial learning style; and do not require additional information and information that are not related for kinesthetic learning style. The analysis results of this research can be used as a material consideration in determining a treatment in the process of teaching and learning in the classroom and students' task. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/37907/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3797/