PENGARUH PERILAKU MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI KABUPATEN BOVEN DIGOEL

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh perilaku manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Boven Digoel. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data dengan kuisio...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Romanus Mutom, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37914/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh perilaku manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Boven Digoel. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data dengan kuisioner. Objek penelitian adalah 85 guru PNS yang mengajar pada 7 SMP Negeri Kabupaten Boven Digoel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengaruh perilaku manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru berada pada kategori sedang, 2) pengaruh iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru berada pada kategori sedang dan 3) pengaruh perilaku manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru termasuk dalam kategori sedang sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perilaku manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Implikasi pada penelitian ini jika perilaku manajerial kepala sekolah secara benar dilaksanakan dan iklim sekolah dijaga maka akan meningkatkan kepuasan kerja guru. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu kepala sekolah lebih meningkatkan perilaku manajerial secara khusus pada aspek pengendalian dalam program kerja sekolah dan kepala sekolah juga diharapkan dapat meningkatkan prestasi kerja guru. Kata kunci: perilaku manajerial kepala sekolah, iklim sekolah dan kepuasan kerja guru This study aims to describe and analyze the effect of principals' managerial behavior and school climate on teacher job satisfaction in Boven Digoel Regency Middle School. The method used is descriptive method with a quantitative approach and data collection with questionnaires. The object of the study was 85 PNS teachers who taught at 7 Boven Digoel Regency Middle Schools. The results showed that 1) the effect of principals 'managerial behavior on teacher job satisfaction was in medium category, 2) the influence of the school climate on teacher job satisfaction was in medium category and 3) the influence of principals' managerial behavior and school climate on teacher job satisfaction was in medium category while the rest influenced by other factors. The results revealed that principals' managerial behavior and school climate had a positive and significant effect on teacher job satisfaction. The implication in this study is that the principal's managerial behavior is properly implemented and the school climate is maintained so that it will increase teacher job satisfaction. The recommendations of this study are that principals further enhance managerial behavior specifically in the aspects of control in school work programs and principals are also expected to improve teacher work performance. Keywords: principal managerial behavior, school climate, teacher job satisfaction.
Item Description:http://repository.upi.edu/37914/6/T_ADPEN_1603133_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37914/7/T_ADPEN_1603133_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37914/8/T_ADPEN_1603133_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37914/1/T_ADPEN_1603133_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37914/2/T_ADPEN_1603133_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37914/4/T_ADPEN_1603133_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37914/5/T_ADPEN_1603133_Appendix.pdf