MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ARTIKULASI

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa, yang terlihat dari adanya beberapa hambatan pada indikator keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan penerapan strategi artikulasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Citra Inten Pertiwi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37937/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa, yang terlihat dari adanya beberapa hambatan pada indikator keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan penerapan strategi artikulasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I sekolah dasar dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas I sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan satu pertemuan pada tiap siklusnya. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I A dari salah satu sekolah dasar negeri di Kota Bandung, dengan jumlah siswa 33 orang. Keterampilan berbicara setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari proses belajar yang semakin baik dan rata-rata hasil keterampilan berbicara siswa meningkat setiap siklusnya. Rata-rata hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus I mencapai 68,37 dengan kategori rendah, dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,24 dengan kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini yaitu keterampilan berbicara siswa meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan strategi artikulasi.;---The present study is concucted because the student have poor speaking skills as shown from the issues in speaking skills indicator. The present study aims to describe the implementation of articulation strategy in improving first grade elementary school student'speaking skills and the improvement of first grade students'speaking skills. This study usingclassroom action research method and Kemmis and Taggart model. This study is concucted in two cycles, with one meeting for each cycle. Each cycle consist of planning, execution, observation and reflection. This study is concucted in the first grade of one of the national elementary schools in Bandung city. The number of student participated inthis study is 33 student. The result of the study shows that speaking skills of the students are improved in each cycle. It is proven from the improvement of students' learning process and average result of students' speaking skills in each cycle. The average result of students' speaking skills in cycle I is 68,37 the category is low, in cycle II reaches 88,24 the category is high. This study concludes that students' speaking skills are improved after implementing articulation strategy.
Item Description:http://repository.upi.edu/37937/1/S_PGSD_1406263_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37937/2/S_PGSD_1406263_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/37937/3/S_PGSD_1406263_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/37937/4/S_PGSD_1406263_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37937/5/S_PGSD_1406263_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37937/6/S_PGSD_1406263_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37937/7/S_PGSD_1406263_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37937/8/S_PGSD_1406263_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37937/9/S_PGSD_1406263_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/37937/10/S_PGSD_1406263_Appendix.pdf