IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : Penelitian Studi Kasus di TK Nusa Indah Kabupaten Garut

Pendekatan pembelajaran yang tepat akan membantu tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Pendekatan saintifik sebagai salah satu karakteristik dalam Kurikulum 2013 PAUD, yang diimplementasikan secara ideal pada berbagai pengalaman belajar anak usia dini. Agar pendekatan saintifik dapat diimpl...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sri Wahyuni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/37957/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pendekatan pembelajaran yang tepat akan membantu tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Pendekatan saintifik sebagai salah satu karakteristik dalam Kurikulum 2013 PAUD, yang diimplementasikan secara ideal pada berbagai pengalaman belajar anak usia dini. Agar pendekatan saintifik dapat diimplementasikan dengan baik, diperlukan keterampilan dan pemahaman guru yang menyeluruh sehingga setiap tahapan pendekatan saintifik dari mulai mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan dapat dilaksanakan secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai implementasi pendekatan saintifik yang dilihat dari sisi best practice. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi pendekatan saintifik bisa dikembangkan dengan cara-cara terbaik salah satunya dengan pembiasaan story telling yang dilakukan 5-7 menit setiap hari, pelangi kata (pengamatan langsung di objek nyata), metode dan kegiatan pembelajaran yang beragam. Dari hasil penelitian ini penulis merekomendasikan agar cara-cara terbaik dalam mengembangkan implementasi pendeketakan saintifik ini menjadi salah satu acuan guru PAUD dalam mengembangkan implementasi pendekatan saintifik pada Anak Usia Dini. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Anak Usia Dini, Kurikulum 2013 -----Appropriate learning approach will help achieve the goal of education is expected. The scientific approach as one of the characteristics in early childhood curriculum in 2013, which is ideally implemented on a variety of early childhood learning experiences. In order for a scientific approach can be implemented properly, the necessary skills and a thorough understanding of teachers so that each stage of the scientific approach began to observe, ask, gather information, reason, and communicate can be implemented optimally and in accordance with the needs and characteristics of children. This study aims to provide an overview of the implementation of the scientific approach in terms of best practice. The method used is a case study by interviewing, observation and documentation study. These results indicate that in the implementation of the scientific approach can be developed in ways that best one of them with the storytelling performed habituation 5-7 minutes every day, rainbow words (direct observation of the real object), methods and diverse learning activities. From this research, the authors recommend that the best ways to develop the implementation of this scientific pendeketakan become one of the reference implementation of early childhood teachers in developing the scientific approach in Early Childhood. Keywords: Scientific Approach, Early Childhood, Curriculum 2013
Item Description:http://repository.upi.edu/37957/1/T_PAUD_1707223_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37957/2/T_PAUD_1707223_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37957/3/T_PAUD_1707223_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37957/4/T_PAUD_1707223_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37957/5/T_PAUD_1707223_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37957/6/T_PAUD_1707223_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37957/7/T_PAUD_1707223_Appendix.pdf