PENERAPAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) MELALUI PENDEKATAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan Challenge Based Learning (CBL) melalui pendekatan STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk quasi-eksperimen research. Desa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Noviana Putri, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3799/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan Challenge Based Learning (CBL) melalui pendekatan STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk quasi-eksperimen research. Desain penelitian yang digunakan berupa pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari 45 siswa kelas X di salah satu sekolah menengah kejuruan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai yang terdiri dari 4 pertanyaan keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan dari indikator Torrance. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa diketahui dengan analisis normalized gain (<g>) kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif digunakan analisis statistik non-parametrik Mann-Whitney U Test dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas CBL melalui pendekatan STEM lebih tinggi dibanding kelas CBL tanpa pendekatan STEM. Penerapan CBL melalui pendekatan STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Pendekatan STEM, Model CBL.
Item Description:http://repository.upi.edu/37990/1/T_FIS_1707272_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37990/8/T_FIS_1707272_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37990/9/T_FIS_1707272_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37990/10/T_FIS_1707272_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37990/11/T_FIS_1707272_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37990/12/T_FIS_1707272_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37990/7/T_FIS_1707272_Appendix.pdf