TES POTENSI ANAK CERDAS ISTIMEWA DAN BERBAKAT ISTIMEWA: Model Penelitian dan Pengembangan untuk Mengungkap Kemampuan Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Sumatera dan Jawa Tahun Pelajaran 2015/2016

Penelitian ini merupakan upaya untuk mendapatkan instrumen standar untuk mengungkap kemampuan potensi dari anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat ukur menemukan potensi anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Sampel dari penelitian ini ad...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurhastuti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-04-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3827/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini merupakan upaya untuk mendapatkan instrumen standar untuk mengungkap kemampuan potensi dari anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat ukur menemukan potensi anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa berprestasi akademik di sekolah dasar dengan karakteristik sekolah unggulan yaitu 14 sekolah dasar di Jawa dan Sumatera sebanyak 430 siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil uji penimbang ahli (content validity) alat ukur menunjukkan bahwa instrumen telah memenuhi validitas konten. (2) Hasil uji keterbacaan alat ukur menunjukkan bahwa semua anak telah mampu memahami dan mengerti dengan baik dari penggunaan bahasa, konten dan maksud pertanyaan. (3) Hasil uji construct validity instrumen menunjukan bahwa semua item instrumen telah menunjukkan validitas yang tinggi. (4) Hasil uji concurrent validity menunjukkan bahwa instrumen memiliki korelasi pada kategori tinggi dengan tes IQ. (5) Hasil uji predictive validity menunjukan bahwa instrumen memiliki korelasi pada kategori tinggi dengan nilai rapot. (6) Hasil uji reliabilitas dengan internal consistency menunjukan bahwa instrumen memiliki kehandalan dan dapat dipercaya dalam mengukur potensi anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. (7) Hasil uji reliabilitas dengan testretest reliability instrumen menunjukan bahwa instrumen memiliki derajat skor tes konsisten dari waktu ke waktu. (8) Hasil uji daya beda instrumen menunjukan bahwa instrumen memiliki tingkat kesukaran yang berbeda-beda, dimana kelompok anak kelas atas memiliki rata-rata nilai soal yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata soal kelas bawah. (9) Hasil uji kesukaran instrumen menunjukan bahwa instrumen memiliki tingkat kesukaran yang tidak seimbang dimana proporsi pertanyaan untuk kategori sedang lebih besar dibandingkan dengan proporsi pertanyaan untuk kategori sukar dan mudah. Keterbatasan Instrumen terdapat beberapa hal: (1)Waktu pengerjaan instrumen ini membutuhkan waktu yang cukup lama; (2) Ketidakseimbangan soal setiap aspek; (3) Biaya pengujian instrumen cukup mahal. ..... This study is an effort to obtain standard instruments to identify the potentials of Gifted and talented children. The aim of the study is to come up with a measuring instrument to disclose the potentials of Gifted and talented children.The samples of this study were taken from high achieving students at Elementary Schools with the characteristic of excellent schools, namely 14 elemetary schools in Java and Sumatera totalling 430 students. This study showed that (1) the instuments developed have fulfilled content validity; (2) the literacy test of the instrument indicated that all the children were able to understand the use of language, content and the questions asked; (3) the construct validity of the instruments were highly judtifiable; (4) the concurrent validity showed that the instruments had a significant correlation with an IQ test; (5) the predictive validity test indicated that the instrument had a significant correlation with report book grades; (6) these instruments were reliable as shown in their internal consistency to measure the potentials of smart, outstanding and talented children; (7) in terms of the level of difficulty these instruments indicated that the proportion of difficult questions were not balanced, namely questions of the middle category outnumbered those of the difficult and easy category; (8) the test of difference indicated that the instruments had different levels of difficulty where the higher achieving students had a higher average of grades than those of the lower achieving students; (9) the reliability retest of the instruments indicated that the instruments had a consistent level of test scores from time to time. The limitation of the instruments were as follows: (1) the time needed to develop these instruments was quite long and; (2) there were imbalances of the tests in every aspect; (3) the costs needed to test were quite expensive.
Item Description:http://repository.upi.edu/38027/1/D_BK_1101212_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38027/2/D_BK_1101212_Tabel_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/38027/3/D_BK_1101212_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/38027/4/D_BK_1101212_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38027/5/D_BK_1101212_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38027/6/D_BK_1101212_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38027/7/D_BK_1101212_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38027/8/D_BK_1101212_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38027/9/D_BK_1101212_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/38027/10/D_BK_1101212_Appendix.pdf