PENGARUH KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PENATAAN RUANG DALAM SECARA DIGITAL PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMKN 2 GARUT

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan penataan ruang dalam secara digital pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMKN 2 Garut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya tes minat bakat dalam se...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Raden Rani Indah Salamah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-09.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3835/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan penataan ruang dalam secara digital pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMKN 2 Garut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya tes minat bakat dalam seleksi masuk program studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMKN 2 Garut, sedangkan tes ini telah dianjurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam UU No. 14 Tahun 2018, untuk memberikan gambaran program dan mengetahui potensi siswa. Penelitian dilakukan pada 30 siswa kelas XI program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) 2 SMKN 2 Garut. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan analisis regresi sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kecerdasan visual-spasial jenis Paper Folding Test (PFT) dan Mental Rotation Test (MRT), studi pustaka, dan dokumentasi karya siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan visual-spasial dan kemampuan penataan ruang dalam secara digital memiliki tingkat korelasi yang rendah, serta pengaruh positif namun tidak signifikan. Kecerdasan visual-spasial hanya merupakan 5% faktor yang menentukan tinggi/rendahnya tingkat kemampuan penataan ruang dalam secara digital. Tes minat bakat pada seleksi masuk program DPIB sebaiknya tidak diukur hanya dengan satu mata pelajaran, melainkan juga dinilai dari mata pelajaran lain yang terdapat pada program keahlian DPIB SMKN 2 Garut.
Item Description:http://repository.upi.edu/38035/1/S_TA_1507128_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38035/2/S_TA_1507128_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38035/3/S_TA_1507128_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38035/4/S_TA_1507128_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38035/5/S_TA_1507128_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38035/6/S_TA_1507128_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38035/7/S_TA_1507128_Appendix.pdf