PERKEMBANGAN KESENIAN WAYANG BAMBU DI KOTA BOGOR TAHUN 2000-2017

Skripsi ini berjudul "Perkembangan Kesenian Wayang Bambu di Kota Bogor Tahun 2000-2017". Penulisan skripsi ini bertolak dari ketertarikan peneliti terhadap kesenian wayang bambu sebagai salah satu bentuk inovasi dengan meregenerasi kesenian wayang di era globalisasi ini. Penelitian ini sec...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anisya Rachmiati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3836/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Skripsi ini berjudul "Perkembangan Kesenian Wayang Bambu di Kota Bogor Tahun 2000-2017". Penulisan skripsi ini bertolak dari ketertarikan peneliti terhadap kesenian wayang bambu sebagai salah satu bentuk inovasi dengan meregenerasi kesenian wayang di era globalisasi ini. Penelitian ini secara garis besar menjawab pertanyaan "Bagaimana perkembangan kesenian wayang bambu di Kota Bogor tahun 2000-2017?". Dalam penelitian ini digunakan metode historis yang terdiri dari pengumpulan sumber, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Untuk mempermudah analisis, peneliti menggunakan pendekatan interdisipliner melalui kajian ilmu sosiologi dan antropologi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kesenian wayang bambu merupakan kesenian kontemporer yang berasal dari Kota Bogor yang diciptakan oleh Drajat Iskandar. Dalam perkembanganya, kesenian ini mengalami dinamika dalam rentang tahun 2000-2017. Kesenian ini mengalami pasang surut memasuki akhir tahun 2017, permintaan terhadap pagelaran kesenian wayang bambu semakin berkurang. Pada masa kini, globalisasi dan modernisasi memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan seni pertunjukan terutama dalam perubahan selera masyarakat yang menyukai akan hal yang baru. Oleh karena itu, seniman harus terus berkreasi dalam mengembangkan ide dan bakat dalam kesenian wayang bambu ini. Menanggapi hal tersebut, seniman dan pemerintah berupaya untuk mempertahankan kesenian wayang bambu di Kota Bogor dengan melakukan revitalisasi berbagai komponen pendukung kesenian ini. Melalui kegiatan workshop hingga melakukan pagelaran di berbagai tempat strategis yang berpotensi memunculkan adanya regenerasi oleh generasi muda pada kesenian ini juga sudah diupayakan namun hal tersebut masih belum menunjukan hasil yang maksimal. Skripsi ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian berikutnya, sehingga dapat menghadirkan fakta-fakta baru yang belum terungkap dari penelitian ini. This Thesis titled " Development of the Bamboo Puppet in Bogor Years 2000-2017 ". Writing thesis departed from the interest of researchers against the puppet bamboo as one form of innovation with regenerate puppet in this era of globalization. Research This generally answer the question "How do development of the bamboo puppet in Bogor years 2000-2017? ". In this research used method consists of the collection of historical sources, source criticism, the interpretation of the and historiography. To simplify the analysis, researchers using an interdisciplinary approach through the study of the science of sociology and anthropology. Based on the results of study found that the puppet is a contemporary art of bamboo originating from Bogor City created by Drajat Iskandar. In the development of this art, experience the dynamic range in the year 2000-2017. This art is experiencing the up and down of entering the end of the year 2017, the demand for bamboo puppet performance on the wane. At present, globalization and modernization have a major influence on the development of performance art, especially in the changing tastes of the community who are like new things. Therefore, artists must continue to be creative in developing ideas and talent in the art of puppet this bamboo. Responding to this, artists and the Government apparentattempt to defend their puppet bamboo in Bogor by doing various revitalization supporting the arts component of this. Through the activities of the workshop to do a show at the various strategic places that potentially gave rise to the existence of the regeneration by the younger generation in this art have also been attempted but it is still not shows the maximum results. This Thesis is expected to be a reference for subsequent research, so as to present new facts that have not been elucidated from this research.
Item Description:http://repository.upi.edu/38036/7/S_SEJ_1505169_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38036/2/S_SEJ_1505169_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38036/3/S_SEJ_1505169_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38036/4/S_SEJ_1505169_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38036/5/S_SEJ_1505169_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38036/6/S_SEJ_1505169_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38036/1/S_SEJ_1505169_Appendix.pdf