MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM IMPLEMENTASI APLIKASI ACTIONBOUND PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG

Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi belajar siswa dalam implementasi aplikasi Actionbound pada mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung di SMK Negeri 2 Garut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi media pembelajaran yang monoton dan membosankan, sehingga peneliti mencoba untu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ai Fatimah Rosdiana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3854/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi belajar siswa dalam implementasi aplikasi Actionbound pada mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung di SMK Negeri 2 Garut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi media pembelajaran yang monoton dan membosankan, sehingga peneliti mencoba untuk membuat inovasi media pembelajaran menggunakan aplikasi Actionbound untuk membuat siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Garut dengan sampel 30 orang siswa kelas XI program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, dengan mengunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian media, angket motivasi belajar, serta kuisioner respon siswa. Penilaian media yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi serta guru mendapat nilai "sangat layak" digunakan sebagai media pembelajaran. Respon siswa terhadap media dilihat dari aspek isi, bahasa, efek bagi strategi, serta tampilannya mendapat respon sangat baik. Motivasi belajar dalam implementasi aplikasi Actionbound pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung ditinjau dari aspek keyakinan terhadap kemampuan diri, strategi pembelajaran yang mengaktifkan siswa memiliki, nilai belajar, tujuan prestasi, tujuan kinerja, serta rangsangan lingkungan memiliki nilai dengan kategori "tinggi". Dengan demikian aplikasi Actionbound yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung di SMKN 2 Garut. Kata Kunci : Metode Penelitian dan Pengembangan, aplikasi Actionbound, Motivasi Belajar The research aimed to determine the students' learning motivations on Actionbound application implementation as learning media in construction and building utilities subject. This research was grounded by monotonous and boring learning media, so the researcher tried to innovate the learning media used Actionbound application to make students more interested to take class. This research was conducted by 30 second grade students of modelling design and building information program in SMKN 2 Garut, with Research and Development as research method. The data collection was carried out by media assessment sheets, learning motivations questionnaires, and student response questionnaires. Media assessed by expert judgement was considered "very suitable" to use as learning media. The students' media responses considered by media content, media language, strategy effect, and media visual had very good responses. The self efficacy, active, learning strategies, learning value, performance goal, achievement goal, learning environment stimulation, as learning motivation aspects showed a "high" category value. Therefore, the developed Actionbound application is suitable for use as learning media in construction and building utilities subject in SMKN 2 Garut. Keywords: Research and Development Method, Actionbound application, Learning Motivation
Item Description:http://repository.upi.edu/38054/6/S_TA_1503675_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38054/1/S_TA_1503675_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38054/7/S_TA_1503675_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38054/2/S_TA_1503675_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38054/3/S_TA_1503675_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38054/4/S_TA_1503675_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38054/5/S_TA_1503675_Appendix.pdf